LAJU KOROSI TULANGAN PADA BETON BERBAHAN PASIR SLAG NIKEL DAN FLY ASH


Aras, Indrawansyah Fernanda (2020) LAJU KOROSI TULANGAN PADA BETON BERBAHAN PASIR SLAG NIKEL DAN FLY ASH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11116006_skripsi_23-10-2020_Hal_Judul1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of bab 1 dan 2] Text (bab 1 dan 2)
D11116006_skripsi_23-10-2020_1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D11116006_skripsi_23-10-2020_Daftar Pustaka dan Lamp..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D11116006_skripsi_23-10-2020 ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung laju korosi dari tulangan yang dibenamkan dalam beton dengan material pasir slag nikel dan fly ash pada berbagai komposisi campuran beton. Benda uji yang digunakan adalah silinder beton dengan diameter 100 mm, yang dibenamkan tulangan diameter 16 mm ditengah beton. Variasi komposisi beton yang digunakan adalah OPC-Pasir, OPCGNS50; FA15-GNS50 dan FA30-GNS 50 dengan faktor air semen 45%. Benda uji tersebut di rendam dalam larutan NaCl 3%. Pengujian laju korosi dilakukan mulai hari ke 28 dari umur perendaman benda uji sampai kondisi stabil setelah benda uji retak. Hasil menunjukkan bahwa laju korosi pada tulangan beton untuk setiap variasi (OPC-PASIR, FA15-GNS50, FA30-GNS50 dan OPC-GNS50, memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dimana beton OPC-PASIR membutuhkan waktu yang lebih singkat hingga terjadi retak awal yaitu sekitar 143,23 jam, menandakan korosi. Selanjutnya beton FA15-GNS50 butuh waktu 174,41 jam, beton FA30- GNS50 dan OPC-GNS50 membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengalami retak awal yaitu 189,51 jam. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan pasir slag nikel dan fly ash pada campuran beton dapat memperlambat proses korosi pada beton bertulang dan mampu memberikan daya tahan yang lebih baik terhadap korosi. Dari peninjauan lebar retak, nampak bahwa lebar retak OPC-PASIR lebih besar dibandingkan dengan variasi lainnya yaitu lebar retak maksimum 0.9 mm. Hal ini membuktikan bahwa ketahanan Beton Normal (OPC-PASIR) terhadap korosi lebih rendah. Kata Kunci: Pasir Slag Nikel, Abu Terbang, Tingkat Korosi, Kekuatan Beton, Lebar retak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:53
Last Modified: 30 Nov 2020 07:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item
View Item