PENENTUAN PARAMETER PALING DOMINAN BERPENGARUH TERHADAP PERTUMBUHAN POPULASI FITOPLANKTON PADA MUSIM KEMARAU DI PERAIRAN PESISIR MAROS SULAWESI SELATAN


Rahmadi Tambaru1, - and Enan M. Adiwilaga2, - and Ismudi Muchsin2, - and Ario Damar2, - (2022) PENENTUAN PARAMETER PALING DOMINAN BERPENGARUH TERHADAP PERTUMBUHAN POPULASI FITOPLANKTON PADA MUSIM KEMARAU DI PERAIRAN PESISIR MAROS SULAWESI SELATAN. Prosiding Simposium Nasional Pengelolaan Pesisir, Laut, dan Pulau-pulau Kecil.

[thumbnail of 1. Prosiding_Parameter_Dominan_terhadap_Pertumbuhan_Fitoplankton_Musim_Kemarau_Rahmadi_Tambaru.pdf] Text
1. Prosiding_Parameter_Dominan_terhadap_Pertumbuhan_Fitoplankton_Musim_Kemarau_Rahmadi_Tambaru.pdf

Download (107kB)

Abstract (Abstrak)

Ekosistem Pesisir Maros merupakan wilayah yang rentang menerima beban limbah karena sungai-sungai banyak bermuara di wilayah ini. Tingginya beban limbah memasuki ekosistem itu sangat dipengaruhi oleh perubahan musim. Akibat dari beban ini, berdampak pada berbagai parameter lingkungan, pada akhirnya berpengaruh pada kehidupan organisme misalnya fitoplankton. Sejauh mana dampak itu terjadi, maka dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan menentukan parameter lingkungan dalam hal ini Intensitas Cahaya atau nutrien (jenis N, P, dan Si) paling dominan berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi fitoplankton pada musim kemarau. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan pengamatan pada berbagai zona di perairan pesisir Maros sejak Juni sampai Oktober 2005 meliputi pengukuran berbagai parameter seperti intensitas cahaya, kandungan nutrien NAT (N), ortofosfat (P) dan silikat (Si), kelimpahan populasi dan klorofil-a fitoplankton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nutrien lebih berpengaruh terhadap kelimpahan populasi dan klorofil-a fitoplankton jika dibandingkan dengan intensitas cahaya, dan nutrien jenis ortofosfat memiliki pengaruh paling dominan terhadap perubahan kelimpahan kelimpahan populasi dan klorofil-a fitoplankton pada di perairan pesisir Maros pada musim kemarau.

Item Type: Article
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:22
Last Modified: 03 Nov 2022 02:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22889

Actions (login required)

View Item
View Item