PERBEDAAN NILAI RASIO DELTA-ALFA (DAR) FRONTAL SERTA KOHERENSI INTERHEMISFERIK ALFA-BETA ANTARA PASIEN STROKE ISKEMIK DENGAN DAN TANPA GANGGUAN KOGNITIF = THE DIFFERENCES OF FRONTAL DELTA-ALFA (DAR) RATIO AND ALFA-BETA INTERHEMISPHERIC COHERENCE BETWEEN ISCHEMIC STROKE PATIENTS WITH AND WITHOUT COGNITIVE IMPAIRMENT


Syakinah, Wa Ode (2022) PERBEDAAN NILAI RASIO DELTA-ALFA (DAR) FRONTAL SERTA KOHERENSI INTERHEMISFERIK ALFA-BETA ANTARA PASIEN STROKE ISKEMIK DENGAN DAN TANPA GANGGUAN KOGNITIF = THE DIFFERENCES OF FRONTAL DELTA-ALFA (DAR) RATIO AND ALFA-BETA INTERHEMISPHERIC COHERENCE BETWEEN ISCHEMIC STROKE PATIENTS WITH AND WITHOUT COGNITIVE IMPAIRMENT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C155172001_tesis_cover1.jpg

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C155172001_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C155172001_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C155172001_tesis_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 November 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
WA ODE SYAKINAH. Perbedaan Nilai Rasio Delta-Alfa (DAR) Frontal serta Koherensi Interhemisferik Alfa-Beta antara Pasien Stroke Iskemik dengan dan Tanpa Gangguan Kognitif (Dibimbing oleh Jumraini Tammasse, Abdul Muis, Andi Kurnia Bintang, Muhammad Akbar, dan Firdaus Hamid).

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan nilai rasio delta-alfa (DAR) frontal serta koherensi interhemisferik alfa-beta antara pasien stroke iskemik dengan dan tanpa gangguan kognitif yang diukur dengan menggunakan quantitative electroencephalography (QEEG).
Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain potong lintang. Penelitian ini dilakukan di RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo dan RS Jejaring Pendidikan lainnya di Kota Makassar sejak Desember 2021 sampai Januari 2022. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Subjek penelitian dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu gangguan kognitif dan tanpa gangguan kognitif menggunakan skoring MoCA-INA, sedangkan Nilai DAR frontal dan koherensi interhemisferik alfa-beta diperoleh dari perekaman electroencephalography (EEG) yang dikonversi ke aplikasi NeuroGuide Deluxe QEEG. Data dianalisis menggunakan uji t-independent tidak berpasangan dan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbandingan nilai rasio DAR frontal serta koherensi interhemisferik alfa-beta antara kelompok pasien stroke iskemik dengan dan tanpa gangguan kognitif; dan uji Chi Square untuk menilai hubungan karakteristik demografi antara kedua kelompok tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai DAR frontal dapat digunakan sebagai skrining awal untuk menunjukkan adanya gangguan kognitif pasca stroke (p=0,002) sedangkan koherensi interhemisferik alfa-beta (koherensi alfa p=0,792; koherensi beta p=0,852) tidak menunjukkan perbedaan antara kelompok pasien stroke iskemik dengan gangguan kognitif dan tanpa gangguan kognitif, meskipun pada kelompok gangguan kognitif didapatkan penurunan koherensi.

Kata kunci : DAR frontal, Gangguan kognitif, Koherensi interhemisferik alfa-beta, QEEG

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: DAR frontal, Gangguan kognitif, Koherensi interhemisferik alfa-beta, QEEG
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS - Ilmu Bedah Saraf
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:17
Last Modified: 10 Nov 2022 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item
View Item