KEPRIBADIAN GANDA DAN TRAUMA MASA LALU DALAM FILM BELAHAN JIWA/SOULMATE (ANALISIS SEMIOTIKA)


IRMAYANTI, DIAN (2007) KEPRIBADIAN GANDA DAN TRAUMA MASA LALU DALAM FILM BELAHAN JIWA/SOULMATE (ANALISIS SEMIOTIKA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
DIAN IRMAYANTI.pdf

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana kepribadian ganda dikonstruksikan oleh sutradara dalam Film Belahan Jiwa/Soulmate; (2) Bagaimana kekuatan penandaan dari kepribadian ganda dalam Film Belahan Jiwa/Soulmate, dengan menggunakan analisis Semiotika.
Penelitian ini dilakukan pada Film Belahan Jiwa, dengan fokus penelitian pada pilihan penandaan yang sutradara pergunakan untuk mcngkonstmksi kepribadian ganda tokoh Cempaka. Pilihan penandaan yang digunakan tersebut, kemudian diugkap dengan menggunakan dua cara pengungkapan yakni, secara denotatif dan konotatif.
Setelah mengungkap makna dari pilihan penandaan tersebut, dibuatlah tabel-tabel untuk mengetahui sekiranya pilihan penandaan manakah yang penggunaannya lebih dominan. Kemudian dari keseluruhan hasil penelitian ini terungkap bahwa sutradara telah dapat mcngkonstmksi kepribadian ganda melalui pilihan penandaan yang tepat. Serta terungkap bahwa indeks, menjadi pilihan penandaan yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:44
Last Modified: 10 Nov 2022 03:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item
View Item