Strategi Peningkatan Daya Saing UKM Cahaya Bandeng Di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros


Tenripadang, Andi Meuthia Zulfaidah (2022) Strategi Peningkatan Daya Saing UKM Cahaya Bandeng Di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A012201007_tesis_25-10-2022 cover1.png

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A012202013_tesis_25-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A012201007_tesis_25-10-2022 dp.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A012201007_tesis_25-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ANDI MEUTHIA ZULFAIDAH TENRIPADA. Strategi Peningkatan Daya Saing UKM Cahaya Bandeng Di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros (dibimbing oleh Muh. Asdar dan Mursalim Nohong)

Potensi Ikan Bandeng yang cukup besar di Kabupaten Maros menumbuhkan banyak UKM yang bergerak di bidang pengolahan ikan bandeng salah satunya adalah UKM Cahaya Bandeng. Ada beberapa variasi produk yang ditawarkan oleh UKM Cahaya Bandeng yaitu bandeng tanpa duri, Salah satu produk unggulan dari UKM Cahaya Bandeng adalah bandeng presto, bandeng tanpa duri, abon bandeng, sambal bandeng, dan ikan bandeng kambu. Namun dalam proses produksi dan pemasaran produk menemui beberapa kendala. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal dari UKM Cahaya Bandeng serta menyusun strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saingnya.
Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pemilik UKM, karyawan dan konsumen. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan UKM Cahaya Bandeng dengan analisis SWOT dan AHP.
Dari hasil analisis SWOT diperoleh 10 alternatif strategi pengembangan yang dapat diterapkan oleh UKM Cahaya Bandeng. Dari hasil analisis AHPdiperoleh strategi prioritas dalam pengembangan UKM Cahaya bandeng yaitu membuat dan memperluas jaringan pemasaran. Strategi ini diambil berdasarkan hasil tujuan prioritas yaitu meningkatkan pangsa pasar.

Kata Kunci: UKM, Analisis SWOT, Analisis AHP, Bandeng, Strategi peningkatan daya saing

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:47
Last Modified: 07 Nov 2022 04:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item
View Item