PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA TRANSPORTASI PEDESAAN TERHADAP KEPEMILIKAN TERNAK KUDA DI KABUPATEN BONE


DARMAWAN, AWAN (2004) PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA TRANSPORTASI PEDESAAN TERHADAP KEPEMILIKAN TERNAK KUDA DI KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AWAN DARMAWAN.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kuda merupakan salah satu komoditi peternakan yang sering dipelihara oleh masyarakat di pedesaan, karena banyak memberikan mamfaat bagi manusia. Kuda sering dijadikan sebagai hewan kesayangan (piaraan), memiliki fungsi sosial dan ekonomi, untuk pacuan, sebagai sarana dalam upacara-upacara tertentu dan digunakan sebagai sarana transportasi.
Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang memiliki populasi ternak kuda dalam jumlah cukup banyak dan umumnya digunakan sebagai sarana transportasi. Dengan dilaksanakannya pembangunan diberbagai bidang di kabupaten Bone, khususnya perbaikan sarana dan prasarana jalan, berdampak pada kelancaran arus mobilitas manusia maupun barang. Ketersediaan prasarana jalan yang memadai akan memudahkan masuknya kendaraan-kendaraan umum hingga kepelosok desa. Hal ini akan mempengaruhi keberadaan ternak kuda yang umumnya digunakan sebagai sarana transportasi pedesaan dan kemungkinan kepemilikannya akan semakin menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ketersediaan sarana transportasi pedesaan terhadap kepemilikan ternak kuda di kabupaten Bone
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden dan merupakan pelengkap dari data sekunder sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi yang terkait dengan objek penelitian dan juga kepustakaan lainnya.
Pengaruh ketersediaan sarana transportasi pedesaan terhadap kepemilikan ternak kuda di kabupaten Bone dilihat dengan menggunakan Analisa Regresi Linear Berganda. Dari Analisa data tersebut diperoleh hasil bahwa secara bersama-sama ketersediaan sarana transportasi pedesaan berpengaruh nyata terhadap kepemilikan ternak kuda. Secara sendiri-sendiri, ketersediaan sarana transportasi mobil dan bendt/dokar berpengaruh nyata terhadap kepemilikan ternak kuda sedgngkan ketersediaan sarana transportasi motor dan sepeda tidak berpengaruh nyata terhadap kepemilikan ternak kuda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Sosek Peternakan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:26
Last Modified: 03 Nov 2022 02:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22663

Actions (login required)

View Item
View Item