Aspek Hukum dan HAM pada Penggunaan Kawasan Hutan Bagi Kepentingan Pembangunan Strategis: Menyoal Pemulihan dan Jaminan Ketidakberulangan


Maskun, Hasbi Assidiq, - and Siti Nurhaliza Bachril, - and Nurul Habaib Al Mukarramah, - Aspek Hukum dan HAM pada Penggunaan Kawasan Hutan Bagi Kepentingan Pembangunan Strategis: Menyoal Pemulihan dan Jaminan Ketidakberulangan. Media Iuris Vol. 5 No. 2, June 2022.

[thumbnail of Maskun+DKK+331-350.pdf] Text
Maskun+DKK+331-350.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract (Abstrak)

Berbagai bentuk pembangunan strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin gencar direalisasikan. Berbagai kemudahan bagi realisasi pembangunan tersebut diberikan termasuk dalam penyediaan lahan, salah satunya dengan mengalokasikan kawasan hutan. Tulisan ini hendak meninjau secaranormatif berbagai ketentuan mengenai penggunaan kawasan hutan bagi realisasi proyek pembangunan yang bersifat strategis, dan permasalahan terkait yang timbul dalam tataran normatif. Dengan mengaplikasikan metode penelitian hokum normatif, temuan utama menunjukkan terdapat berbagai permasalahan dalam penggunaan kawasan hutan bagi kepentingan pembangunan strategis termasuk upaya legitimasi penggunaan kawasan hutan yang ilegal, belum adanya ketentuan hukum mengenai pemulihan dalam hal terjadi pelanggaran penggunaan kawasan hutan demikian, dan absennya jaminan hukum ketidakberulangan pelanggaran tersebut. Kondisi-kondisi ini secara keseluruhan bertentangan dengan Prinsip- Prinsip Panduan Bisnis dan Hak Asasi Manusia (UNGPs).

Item Type: Article
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:41
Last Modified: 28 Oct 2022 01:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item
View Item