TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Nomor : 816/Pid.B/2010/PN Mks)


MUIN, AUDYNA MAYASARI (2010) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Nomor : 816/Pid.B/2010/PN Mks). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AUDYNA MAYASARI MUIN.pdf

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan hukum pidana materiil dalam tindak pidana pencabulan terhadap anak dan pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan dalam perkara dengan nomor putusan: 816/Pid.B/2010/PN Mks.
Penelitian ini dilaksanakan di Makassar yaitu Pengadilan Negeri Makassar dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak dari instansi yang terkait langsung dengan masalah yang dibahas dalam hal ini jaksa penuntut umum, hakim dan paniteranya dan juga melakukan pengumpulan data-data berkenaan dengan objek penelitian. Selain itu Peneliti juga melakukan studi kepustakaan dengan cara menelaah buku- buku. literatur serta peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam skripsi ini.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan hukum pidana materiil oleh hakim dalam perkara pidana No.816/Pid.B/2010/PN Mks adalah berdasarkan hasil penelitian, penulis menganggap ada kekeliruan dalam penerapan pasal dimana hakim hanya berdasarkan pada surat dakwaan yang dibuat oleh Jaksa penuntut umum yang hanya menerapkan Pasal 82 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak tanpa adanya penerapan Pasal 64 ayat (1) KUHP. Hal Ini berdasarkan konstruksi dari perbuatan terdakwa yang dapat dikategorikan sebagai perbarengan perbuatan (concursus realis).
Pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan putusan berdasarkan dakwaan penuntut umum didasarkan pada alat-alat bukti berupa keterangan saksi-saksi, alat bukti surat yaitu visum et reperium dan keterangan terdakwa serta fakta-fakta lengkap di depan persidangan diperkuat dengan keyakinan hakim itu sendiri. Dan tidak diperolehnya alasan penghapusan pidana yang membuat terdakwa lepas dari jeratan hukum. Selain itu. hakim juga turut mempertimbangkan hal-hal yang dapat memberatkan dan meringankan bagi terdakwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 03 Nov 2022 01:33
Last Modified: 03 Nov 2022 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item
View Item