PENENTUAN WAKTU LEBUR SUPOSITORIA DENGAN DASAR LEMAK COKLAT YANG DITAMBAH MALAM PUTIH ATAU SETASEUM


ARNI, ARNI (2000) PENENTUAN WAKTU LEBUR SUPOSITORIA DENGAN DASAR LEMAK COKLAT YANG DITAMBAH MALAM PUTIH ATAU SETASEUM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ARNI.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian waktu lebur supositoria dengan dasar lemak coklat yang ditambah malam putih atau setaseum sebagai bahan untuk menaikkan titik lebur. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu lebur supositoria dengan dasar lemak coklat yang ditambah malam putih dan setaseum dalam beberapa konsentrasi.
Dalam penelitian ini dibuat 10 formula supositoria dengan dasar lemak coklat yang mengandung kloralhidrat dan zat antioksidan yang dibuat dengan metode peleburan. Formula supositoria ini mengandung 'malam putih dengan konsentrasi 2, 3, 4, 5 dan 6% b/b (formula I-V) serta setaseum dengan konsentrasi 17, 18, 19, 20 dan 21% b/b (formula VI-X).
Waktu lebur supositoria dievaluasi terhadap waktu mulai melebur sampai melebur sempuma pada suhu 37° ±1°C menggunakan alat penentuan titik lebur.
Analisis statistika dengan menggunakan rancangan acak lengkap terhadap data waktu lebur supositoria memperlihatkan bahwa penambahan malam putih dan setaseum sebagai bahan untuk menaikkan titik lebur memberikan pengaruh sangat nyata (a = 0,01) terhadap waktu lebur supositoria dengan dasar lemak coklat. Analisis lanjutan dengan uji Duncan mempeilihatkan bahwa supositoria yang mengandung malam putih 4% (formula III) dan setaseum 19% (formula VIII) memberikan hasil yang paling baik dengan waktu lebur 3,06 dan 3,03 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:10
Last Modified: 02 Nov 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22579

Actions (login required)

View Item
View Item