ANALISIS KANDUNGAN BEBERAPA LOGAM BERAT DALAM PROPOLIS TRIGONA DARI Trlgona sp DENGAN METODE SPEKTROSKOPI SERAPAN ATOM (SSA)


ARFAH, ARFAH (2005) ANALISIS KANDUNGAN BEBERAPA LOGAM BERAT DALAM PROPOLIS TRIGONA DARI Trlgona sp DENGAN METODE SPEKTROSKOPI SERAPAN ATOM (SSA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ARFAH..pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian analisis kandungan logam berat timbal, kadmium, tembaga dan raksa dalam propolis trigona secara spektroskopi serapan atom (SSA).Dalam penelitian ini propolis trigona diekstraksi secara maserasi dengan n-heksan sampai bebas lilin, selanjurnya dilakukan proses dekstruksi. untuk analisis logam Cu dan Cd dilakukan dengan dekstruksi kering, sampel dipijarkan dengan HNO3 pekat pada suhu 550 °C selama 4 jam. untuk analisis logam Pb dan Hg dilakukan dengan dekstruksi basah, sampel disuspensi dengan H2SO4 pekat dan HNOj pekat kemudian dipanaskan pada suhu 95 °C selama 4 jam. Kedua larutan hasil dekstruksi dilakukan identifikasi, selanjutnya dilakukan penetapan kadar logam berat Pb, Cd, Cu dan Hg dengan spektroskopi serapan atom (SSA). Hasil analisis menunjukkan bahwa kadar logam Pb sebesar 10,1209 ppm logam Cd sebesar 0.087 ppm, dan loga Cu sebesar 2,1446 sedangkan logam Hg tidak terdeteksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:49
Last Modified: 01 Nov 2022 03:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item
View Item