STUDI TENTANG PENGEMBANGAN ZONA RESERVASI DI DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN UNTUK PENGELOLAAN BERKELANJUTAN


FARADIBA, BESSE (2012) STUDI TENTANG PENGEMBANGAN ZONA RESERVASI DI DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO SULAWESI SELATAN UNTUK PENGELOLAAN BERKELANJUTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
BESSE FARADIBA.pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Besse Faradiba. L 211 08 254. Studi Tentang Pongembangan Zona Reservasi Di Danau Tampe Kabupaten Wajo Sulawesi SelaUn Untuk Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan. Di bawah bimbingan Syamsu Alam Ali selaku Pembimbing Utama dan Lodewyk Tandtpayuk selaku Pembimbing Anggota.

Penelitian ini bertujuan untuk memilih daerah prereservasi di Danau Tempe Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, berdasarkan parameter jenis dan kehmpahan relatif ikan, larva ikan, tanaman air. aktivitas penangkapan ikan, biota non ikan serta paramater fisik dan kimia air. Kegunaan dari penelitian agar dapat menjadi solusi dalam penentuan daerah reservasi yang cocok di Danau Tempe dalam pengelolaan perikanan secara berkelanjutan.

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2011 sampai dengan 21 Januari 2012. Penentuan tiga spot sebagai stasiun untuk rencana zona reservasi dilakukan melalui wawancara dengan nelayan dan staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Wajo. Pengambilan sampel pada setiap stasiun dilakukan 7 kali dengan selang waktu 5 hari. Sampel ikan ditangkap dengan jaring insang (mesh size 5 cm), sedangkan kelimpahan relatif ikan diukur berdasarkan individu yang tertangkap setiap trip. Sampel larva ikan ditangkap dengan pianktoa net. sedangkan kelimpahan larva diukur berdasarkan jumlah individu per volume air tersanng. Sampel tanaman air diamati dengan transek pipa berukuran 1 x 1 m. sedangkan kelimpahan relatif dihitung berdasarkan jumlah pohon tanaman air per meter kuadrat Perhitungan parameter kualitas air menggunakan digital hanna instrument. Jenis - jenis biota non ikan dan aktivitas penangkapan dilakukan dengan cara melihat secara visual dilapangan ditambah dengan wawancara kepada para nelayan.

Hasi penelitian menunjukkan bahwa stasiun 3 merupakan stasiun yang terbaik menjadi rencana zona prereservasi kemudian menyusul stasiun 2 dan stasiun 1 berdasarkan jenis dan kelimpahan relatif ikan, larva ikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:01
Last Modified: 31 Oct 2022 07:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22497

Actions (login required)

View Item
View Item