ANALISIS KUALITATIF DAN KUANITATIF STEROID JENIS KOLESTEROL DARI BULU BABI (Diadema setosum Leske)


MAKARAWO, AHMAD S. (1988) ANALISIS KUALITATIF DAN KUANITATIF STEROID JENIS KOLESTEROL DARI BULU BABI (Diadema setosum Leske). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AHMAD S. MAKARAWO.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi senyawa steroid dari gonad bulu babi Diadema setosum Leske asal pulau Barang Lompo Sulawesi Selatan yang ternyata mengandung steroid.
Metode ekstraksi secara dingin dilakukan dengan menggunakan sistim pelarut campuran kloroforra - metanol - air (1:2: 0,8 ). Salah satu keuntungan metode ekstraksi secara dingin ialah waktu yang digu nakan relatif cepat dan penggunaan pelarut relatif sedikit.
Pemeriksaan 3ecara kromatografi lapis tipis menggunakan 3istim pelarut kloroform dan n-butanol - metanol - air (4:1:1), dan penampak noda . asam sulfat 50 % dalam air, Liebermann-Burchard, Rosenhe- im dan Carr-Price menunjukkan adanya steroid.
Penetapan kadar steroid dari gonad bulu babi Oladema setosum Leske asal pulau Barang Lompo Sulawesi Selatan secara spektrofotometri diperoleh hasil 0,019 %
Berdasarkan uaktu yang dibutuhkan sampai ter capainya intensitas warna biru gelap yang maksimum pada pemeriksaan secara kromatografi lapis tipis dengan sistim pelarut kloroform dan penampak noda asam sulfat 50 % dalam air, menunjukkan adanya steroid go longan kolestan jenis kolesterol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Kimia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:02
Last Modified: 26 Oct 2022 03:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item
View Item