Sistem Bagi Hasil Nelayan Cakalang Di Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara


RIZAL, AHMAD (2007) Sistem Bagi Hasil Nelayan Cakalang Di Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AHMAD RIZAL.pdf

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem Bagi Hasil Nelayan Cakalang di Kelurahan Bone-Bone Kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau Sulawesi Tenggara merupakan judul skripsi yang di tulis oleh Ahmad Rizal (E 511 00 011), di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Hamka Naping, MA selaku pembimbing I dan Drs. Supriadi Hamdat, MA sebagai pembimbing II. Hasil penelitian tersebut diharapkan data atau keterangan yang dikumpulkan dapat menjadi rujukan bagi perumusan langkah strategis' dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat nelayan cakalang di Kelurahan Bone-Bone
Masyarakat nelayan cakalang di Bone-Bone yang mana realitas kehidupan sosial ekonomi mereka, yang lebih banyak memanfaatkan sumber daya laut utamanya dalam mata pencaharian. Yang dimana dalam masyarakat ini teramat kental nilai-nilai sistem bagi hasil. Ironinya pendapatan yang tergolong banyak tidak menjadikan kehidupan mereka mapan atau dengan kata lain bisa dikategorikan sebagai nelayan miskin.
Indikasi hal diatas berdasar pada kondisi internal sumber daya manusia yang lebih mengarah kepada asupan nilai-nilai konsumtif dalam kesehariannya sehingga berimbas pada terciptanya polarisasi kemiskinan. Kemiskinan disini tercipta bukan karena sistem pengalokasian pendapatan mereka atau dengan kata lain sistem bagi hasil yang kurang, akan tetapi karena kurangnya kemampuan untuk mensaving hasil pendapatan.
Hal utama pula yang menjadi tendensi penulis adalah dikarenakan asupan pendapatan yang mencukupi, maka hal ini berimbas kurangnya kemapanan dan pengetahuan pengelolaan pendapatan mereka Konsepsi ini berawal dah pengetahuan masyarakat lokal mengenai laut, menurut beberapa informan yang diwawancarai, bahwa hasil laut selalu melimpah dan selalu menyediakan sumber ekonomi yang teramat potensial bagi kelangsungan hidup manusia, seperti ikan dan biotik laut lain yang mempunyai nilai ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:58
Last Modified: 26 Oct 2022 02:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22267

Actions (login required)

View Item
View Item