PENGARUH PERBEDAAN KOMPOSISI KOMPOS TERHADAP JUMLAH BAKTERI DAN BAKTERI PATOGEN


SAHER, AMRILLA (2009) PENGARUH PERBEDAAN KOMPOSISI KOMPOS TERHADAP JUMLAH BAKTERI DAN BAKTERI PATOGEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AMRILLA SAHER..pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Amnlla Salier (I 11] 02 056). Pengaruh Perbedaan Komposisi Kompos Terhadap Jumlah Bakteri dan Bakteri Patogen. Dibawah bimbingan Lucia Muslimin sebagai pembimbing utama dan Ambo Ako sebagai pembimbing anggota.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah bakteri, bakteri patogen yang terdapat pada kompos berdasarkan komposisi bahan yang berbeda. Penelitian menggunakan kompos yang telah mengalami proses pengomposan selama 21 hari, sampel kompos diuji di laboratorium pada nol (0), 11 dan 21 hari. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan jumlah total bakteri dan bakteri patogen diolah dengan menggunakan metode analisis statistik secara deskriptif (Histogram dan rata- rata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengomposan dapat mengurangi kandungan bakteri patogen yang terdapat pada feses, sampah organik dan bahan- bahan lain. Perlakuan yang paling baik untuk tanaman dari penelitian ini adalah pada komposisi feses sapi (50%), Dedak (20%), serbuk gergaji (15%), Abu gosok (5%), molases (0,5%), Air (9,5%), dan penambahan EM4 (20 ml).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:45
Last Modified: 26 Oct 2022 02:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item
View Item