EFEK ANTIPIRETIK INFUS DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata L.) PADA KELINCI


AMIRUDDIN S., AMIRUDDIN S. (2000) EFEK ANTIPIRETIK INFUS DAUN KETEPENG CINA (Cassia alata L.) PADA KELINCI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AMIRUDDIN S...pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Telah dilakukan penelitian efek antipiretik inlus daun ketcpengcina (Cassia alata L) terhadap kelinci.. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya efek antipiretik inlus daun ketepeng cina dengan menggunakan 18 ekor kelinci yang dibagi 6 kelompok dan tiap kelompok terdiri dari 3 ekor kelinci. Inlus daun ketepeng cina yang digunakan adalah konsentrasi 5%, 10%, 20%,40% b/v sebagai pemabanding digunakan larutan parasctnmol 1% dosis 80 mg/Kg Berat badan dan air suling sebagai kontrol yang diberikan secara oral. Sebelum perlakuan kelinci didemamkiui terlebih dahulu dengan menyuntikkan larutan pepton steril 10% sebanyak 0,6 ml secara intraperitonial.

Hasil analisis statistik dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) menunjukkan semua perlakuan berbeda sangat nyata dengan kontrol air suling dan tidak berbeda nyata dengan pembanding larutan parasetamol pada konsentrasi 20% dan 40% b/v, berbeda sangat nyata pada pemberian inlus daun ketepeng cina 3% dan 10% b/v. Hal ini berarti bahwa inlus daun ketepeng cina mempunyai efek antipiretik.

Dilakukan analisis regresi pada grafik antara waktu dan penurunan suhu, untuk mengetahui bahwa efek penuninan suhu pada setiap perlakuan memperlihatkan penurunan suhu yang konstan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions (Program Studi): Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:44
Last Modified: 26 Oct 2022 02:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22252

Actions (login required)

View Item
View Item