TINJAUAN YURIDIS TERHADAP INSTRUMEN PEMBAYARAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MENGGUNAKAN DOCUMENTARY CREDIT DALAM HUKUM PERDAGANGAN INTERNASIONAL


MARSUKI, AHMAD FAHRI FAQI (2010) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP INSTRUMEN PEMBAYARAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MENGGUNAKAN DOCUMENTARY CREDIT DALAM HUKUM PERDAGANGAN INTERNASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
AHMAD FAHRI FAQI MARSUKI.pdf

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui apakah hukum internasional mengatur sistem pembayaran transaksi perdagangan internasional dengan menggunakan Documentary Credit. Untuk mengetahui penerapan dan keberlakuan pengaturan hukum kebiasaan internasional mengenai Documentary Credit di Indonesia.
Penulisan ini menggunakan teknik wawancara dan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam pengumpulan data, kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan maksud untuk menjelaskan aturan hukum internasional yang mengatur Documentary Credit. Penulis juga menjelaskan penerapan aturan hukum internasional mengenai Documentary Credit di Indonesia.
Berdasarkan analisis terhadap data-data tersebut, diperoleh bahwa hukum internasional mengatur Documentary Credit dalam bentuk aturan yang diterbitkan oleh International Chambers of Commerce (ICC) seperti: UCP- 600. eUCP Version 1.1, ISBP-681, URR-725, ISP-98. dan INCOTERMS 2000. Di Indonesia juga menerapkan aturan internasional mengenai Documentary Credit dalam aplikasi L/C, pemeriksaan dokumen, praktek L/C di Indonesia dan peraturan perundang-undangan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:43
Last Modified: 26 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item
View Item