Nirhang, Firda (2020) PERBEDAAN EFEKTIVITAS DUA METODE PENYULUHAN TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP ,PERILAKU DAN KEBERSIHAN GIGI PADA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
J011171507_skripsi_28-08-2020 cover1.png
Download (117kB) | Preview
J011171507_skripsi_28-08-2020 1-2.pdf
Download (527kB)
J011171507_skripsi_28-08-2020 dapus-lampiran.pdf
Download (194kB)
J011171507_skripsi_28-08-2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (604kB)
Abstract (Abstrak)
Latar belakang : Salah satu metode yang sering digunakan sebagai upaya pencegahan masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia adalah dengan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan media penyuluhan yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kebersihan gigi pada
anak. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas dua metode penyuluhan terhadap perubahan pengetahuan, sikap, prilaku dan kebersihan gigi pada anak menggunakan jenis penelitian literature review. Metode : menggunakan metode kajian PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Review) dengan mencari artikel penelitian 5 tahun terakhir dengan memanfaatkan fasilitas mesin pencari Google Scholar, Pubmed dan Science Direct sebagai pengindeks jurnal. Hasil : 45 artikel diidentifikasi melalui pencarian dan ditemukan 5 artikel yang relevan. Artikel tersebut membahas efektivitas media penyuluhan video animasi dan poster. Kesimpulan :
Berdasarkan kajian 5 artikel mengenai perbedaan efektivitas metode penyuluhan poster dan video animasi terhadap perubahan pengetahuan, sikap, prilaku dan kebersihan gigi dan mulut pada anak dapat ditarik kesimpulan bahwa metode
video animasi lebih efektif dibandingkan media poster.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RK Dentistry |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > Pendidikan Dokter Gigi |
Depositing User: | wahyuni aras |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 19:42 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:48 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2223 |