ANALISIS PENGARUH VARIASI PEMANASAN BAHAN BAKAR B20 TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL TV1


PENDI NUARI, YOHANES (2020) ANALISIS PENGARUH VARIASI PEMANASAN BAHAN BAKAR B20 TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL TV1. Skripsi thesis, Universitas hasanuddin.

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (Sampul)
D21116002_skripsi_11-09-2020 cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D21116002_skripsi_11-09-2020 dapus-lampiran.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab 1 - 3] Text (Bab 1 - 3)
D21116002_skripsi_11-09-2020 1-3.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116002_skripsi_11-09-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Biodiesel memiliki kadar sulfur rendah yang ramah lingkungan dan
mempunyai bilangan setan yang tinggi. Namun, nilai viskositas dan densitasnya
yang tinggi mengakibatkan atomisasi menjadi kurang baik dan pembakaran
menjadi tidak sempurna. Proses pemanasan terhadap biodiesel hingga temperatur
tertentu akan menyebabkan penurunan nilai viskositas dan densitas dari biodiesel,
sehingga pembakaran semakin baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh variasi temperatur bahan bakar biodiesel B20 terhadap kinerja mesin
diesel TV1, menganalisis pengaruh variasi temperatur bahan bakar biodiesel B20
terhadap pembakaran mesin diesel TV1 dan menganalisis pengaruh variasi
temperatur bahan bakar biodiesel B20 terhadap pelepasan panas (heat release)
mesin diesel TV1. Dengan variasi temperatur 30, 50, 60, dan 70oC terdapat bahan
bakar B20, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Persentase daya
indikasi maksimum dikonversi menjadi daya efektif terjadi pada temperatur 60°C
beban 12 kg sebesar 51,72%; (2) Nilai kalor minimum yang terbuang ke
pendingin mesin dan gas buang menurun terjadi pada temperatur 70°C beban 12
kg; (3) Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC), efisiensi volumetric (ηvo), efisiensi
thermis (ηth) yang dihasilkan disetiap kenaikan temperatur cenderung konstan.
Selain itu, peningkatan temperatur bahan bakar juga mempengaruhi kinerja
pembakaran di mana jarak start of combustion (SOC) sebelum titik mati atas
(TMA) dan end of combustion (EOC) setelah TMA meningkat 1 sampai 2° dan
nilai minimum pelepasan panas terjadi pada temperatur 50°C beban 3 kg sebesar
14,2 J/deg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 10 Feb 2021 19:06
Last Modified: 10 Feb 2021 19:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item
View Item