Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Layang Kecamatan Bontoala


Putri, Nur Akifa Sartika (2020) Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Layang Kecamatan Bontoala. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116533_skripsi cover1.png

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116533_skripsi 1-2.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K11116533_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116533_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem rujukan pada pelayanan kesehatan merupakan penyelenggara dalam pelayanan yang mengatur pelimpahan tugas dan tanggung jawab pelayanan kesehatan secara timbal balik baik vertikal maupun horizontal. Menurut hasil laporan tahunan pasien rujukan BPJS Kesehatan di Puskesmas Layang menunjukkan bahwa jumlah rujukan meningkat dari tahun ke tahun, yaitu dari 3513 menjadi 3997.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendukung dan fakor penghambat yang meliputi input maupun proses dalam pelaksanaan sistem rujukan di Puskesmas Layang. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Informan sebanyak 18 orang yang terdiri atas Kepala Puskesmas, dokter puskesmas, dokter puskesmas, perawat, apoteker atau pengelola obat, petugas laboratorium, petugas JKN, dan pasien rujukan BPJS Kesehatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan SDM kesehatan di Puskesmas Layang sudah memadai, ketersediaan obat-obatan di Puskesmas Layang masih mengalami kendala seperti persediaan terbatas dan keterlambatan distribusi obat, pelaksanaan rujukan di Puskesmas Layang dilaksanakan berdasarkan indikasi medis tetapi juga terdapat pasien yang meminta rujukan sendiri, fasilitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Layang belum memadai terdapat beberapa fasilitas yang tidak tersedia di Puskesmas, regulasi terkait sistem rujukan yang diterapkan menggunakan aturan dari BPJS kesehatan tetapi terdapat beberapa kendala dalam penerapannya. Tenaga kesehatan di Puskesmas Layang sudah mengetahui alur rujukan dan juga sudah mengetahui rujukan vertikal dan rujukan horizontal tetapi untuk 155 diagnosis penyakit yang harus ditangani di Puskesmas Layang juga sudah dipahami oleh petugas kesehatan yang ada di puskesmas. Pasien menyatakan tidak pernah menerima sosialisasi terkait rujukan dan hanya mengetahui dari petugas.
Pihak puskesmas, dinas kesehatan dan BPJS Kesehatan perlu bekerja sama untuk melakukan sosialisasi terkait sistem rujukan dan memperhatikan penyediaan obat serta fasilitas kesehatan untuk memaksimalkan pelaksanaan sistem rujukan
Keywords : Sistem Rujukan, Puskesmas, Pasien BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Feb 2021 15:57
Last Modified: 06 Nov 2024 04:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item
View Item