GAMBARAN KARAKTERISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROGRAM REHABILITASI PADA PENDERITA HERNIA NUKLEUS PULPOSUS = DESCRIPTION OF CHARACTERISTICS OF AFFECTING FACTORS SUCCESS OF THE REHABILITATION PROGRAM FOR HERNIA PATIENTS NUCLEAR PULPOSUS


Lembang, Widya Rante (2021) GAMBARAN KARAKTERISTIK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PROGRAM REHABILITASI PADA PENDERITA HERNIA NUKLEUS PULPOSUS = DESCRIPTION OF CHARACTERISTICS OF AFFECTING FACTORS SUCCESS OF THE REHABILITATION PROGRAM FOR HERNIA PATIENTS NUCLEAR PULPOSUS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181418_skripsi_28-09-2022 cover1.png

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181418_skripsi_28-09-2022 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181418_skripsi_28-09-2022 dp.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181418_skripsi_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Nyeri punggung bawah (NPB) merupakan salah satu masalah kesehatan yang utama. Kurang lebih 60%-80% individu setidaknya pernah mengalami nyeri punggung dalam hidupnya. Keluhan Nyeri Punggung Bawah pernah dialami oleh 50-80% penduduk negara-negara industri, dan prosentase meningkat sesuai pertambahan usia serta menghilangkan jam kerja yang sangat besar. Pada penderita dewasa tua, nyeri punggung bawah mengganggu aktivitas sehari-hari pada 40% penderita, dan menyebabkan gangguan tidur pada 20% penderita. Sebagian besar (75%) penderita akan mencari pertolongan medis, dan 25% di antaranya perlu dirawat inap untuk evaluasi lebih lanjut. Salah satu penyebab yang memerlukan tindak lanjut (baik diagnostik maupun terapi spesifik) adalah hernia nukleus pulposus (HNP). Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah suatu penyakit, dimana bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang (soft gel disc atau Nukleus Pulposus) mengalami tekanan dan pecah, sehingga terjadi penyempitan dan terjepitnya urat-urat saraf yang melalui tulang belakang kita. Berbagai macam terapi dilakukan untuk meringankan keluhan nyeri pada pasien HNP, diantaranya dengan treatment William’s flexion dan Core Stability. Tujuan : literature review ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program rehabilitasi pada penderita Hernia Nukleus Pulposus. Metode : Literature Review. Hasil : Berdasarkan kajian literature menunjukkan meta analisis bahwa bila dibandingkan dengan latihan umum (general exercise), latihan Core Stability lebih efektif dalam menurunkan nyeri pada pasein dengan NPB kronik dalam waktu yang singkat.Kesimpulan : HNP merupakan salah satu penyebab paling umum dari nyeri akar saraf, yang menyebabkan pasien mengeluh nyeri punggung bawah yang dapat disertai dengan linu panggul. Nyeri punggung bawah pada orang dewasa muda sebagian besar disebabkan oleh herniasi lumbal.

Kata Kunci : Hernia Nukleus Pulposus, Rehabilitasi, Nyeri Punggung Bawah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hernia Nucleus Pulposus, Rehabilitation, Low Back Pain
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:05
Last Modified: 17 Oct 2022 01:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item
View Item