PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAMASA TERHADAP PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH = REGIONAL GOVERNMENT SUPERVISION OF MAMASA REGENCY ON THE MANAGEMENT OF SCHOOL OPERATIONAL ASSISTANCE FUNDS


Apriliany, Gladys (2022) PENGAWASAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MAMASA TERHADAP PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH = REGIONAL GOVERNMENT SUPERVISION OF MAMASA REGENCY ON THE MANAGEMENT OF SCHOOL OPERATIONAL ASSISTANCE FUNDS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021181337_skripsi_23-08-2022 cover1.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021181337_skripsi_23-08-2022 1-2.pdf

Download (979kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021181337_skripsi_23-08-2022 dp.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B021181337_skripsi_23-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 January 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

GLADYS APRILIANY (B021181337) Pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa Terhadap Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah, di bawah bimbingan Prof. Dr. Abdul Razak,S.H., M.H sebagai pembimbing utama dan DR. Andi Bau Inggit AR, S.H.,M.H sebagai pembimbing pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih mendalam mengenai pelaksanaan pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa terhadap pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah serta faktor penghambat pengawasan pada pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris. Jenis Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu studi lapangan (Field Research) dan studi kepustakaan (Library Reserch). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamasa dilaksanakan dalam bentuk pengawasan internal yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa serta pengawasan eksternal yang dilaksankan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Mamasa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa melakukan pengawasan terhadap pengelolaan Dana BOS dengan cara melakukan sosialisasi penggunaan Dana BOS (pengawasan preventif) dan melakukan pendampingan berupa monitoring (pengawasan represif). Sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Daerah Kabupaten Mamasa yaitu dengan melakukan survey (pengawasan preventif), audit dan review (pengawasan represif). Akan tetapi pengawasan yang telah dilakukan oleh kedua badan tersebut belum mencapai hasil yang maksimal hal ini dapat dilihat dari banyaknya kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan Dana BOS. (2) Adapun faktor penghambat pengawasan Pemerintah Daerah pada pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah yaitu masalah pengadministrasian yang sering disepelekan, kurangnya transparansi pengelolaan Dana BOS, keterbatasan anggaran pendampingan daerah dan kurangnya sumber daya manusia, dan terjadinya keterlambatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dana BOS.

Keywords : Pengawasan, Dana BOS, Pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervision, School Operational Assistance, Local Governmnet
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Oct 2022 00:58
Last Modified: 17 Oct 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21692

Actions (login required)

View Item
View Item