Sakinah, Salsabila (2022) Pelaksanaan Pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru Online (Peraturan Walikota Makassar Nomor 20 Tahun 2021). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
B021171520_skripsi_06-09-2022 cover1.png
Download (163kB) | Preview
B021171520_skripsi_06-09-2022 1-2.pdf
Download (2MB)
B021171520_skripsi_06-09-2022 dp.pdf
Download (315kB)
B021171520_skripsi_06-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Salsabila Sakinah (B021171520) dengan judul Pelaksanaan Pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru Online (Peraturan Walikota Makassar Nomor 20 Tahun 2021) di bawah bimbingan Muh. Zulfan Hakim Sebagai Pembimbing l dan Marwati Riza Sebagai Pembimbing ll
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru secara online oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar dan untuk mengetahui pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru secara online oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan kasus. Data terdiri dari data primer dan sekunder, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan mekanisme pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru secara online oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar telah sejalan dengan Peraturan Walikota Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Online Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama di Daerah dengan melaksanakan tahapan-tahapan yakni Pengumuman pendaftaran, pendaftaran, seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran, pengumuman penetapan peserta didik baru, dan pendaftaran ulang. Namun, masih ditemukan beberapa kendala yakni jebolnya server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online, terdeteksinya virus yang menyerang server, dan penentuan titik lokasi pada server yang berubah-ubah dan Pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru secara online oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar masih belum optimal dikarenakan masih banyak terdapat beberapa temuan-temuan yang berpotensi pada dugaan kecurangan seperti pemalsuan Kartu Keluarga, pemalsuan sertifikat prestasi dan manipulasi nilai rapor. Temuan tersebut umumnya dilakukan oleh calon peserta didik yang merupakan pelanggaran administrasi. Sanksi administrasi yang diterapkan terhadap pelanggaran tersebut adalah diskualifikasi calon peserta disamping juga terdapat pelanggaran lain yang sanksinya diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 20 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Online Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama di Daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara |
Depositing User: | Nasyir Nompo |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 02:06 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 02:06 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21614 |