TINJAUAN HUKUM PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN JALAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA OBJEK WISATA JEMBATAN KACA TITIK NOL PANTAI BIRA DI KABUPATEN BULUKUMBA


Afwika, Nur Riska (2022) TINJAUAN HUKUM PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN JALAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS PADA OBJEK WISATA JEMBATAN KACA TITIK NOL PANTAI BIRA DI KABUPATEN BULUKUMBA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B021171020_skripsi_23-09-2022 cover1.png

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B021171020_skripsi_23-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B021171020_skripsi_23-09-2022 dp.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of full teks] Text (full teks)
B021171020_skripsi_23-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NUR RISKA AFWIKA (B021171020). Dengan judul “Tinjauan Hukum Pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Daerah Dalam Upaya Pembangunan Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Objek Wisata Jembatan Kaca Titik Nol Pantai Bira Di Kabupaten Bulukumba”. (Dibimbing oleh Bapak Muh.Hasrul selaku Pembimbing I dan Bapak Kahar Lahae selaku Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya pembangunan jalan bagi penyandang disabilitas dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan kewenangan oleh pemerintah daerah dalam upaya pembangunan jalan bagi penyandang disabilitas pada Objek Wisata Jembatan Kaca Titik Nol Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe penelitian Yuridis Empiris. Dengan Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara studi kepustakaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif sehingga memperoleh gambaran yang jelas serta memperoleh kesimpulan mengenai permasalahan yang diteliti.
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Daerah dalam Upaya Pembangunan Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Objek Wisata Jembatan Kaca Titik Nol Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba belum dilaksanakan secara maksimal. Masih kurangnya sarana prasarana di Kawasan tersebut. Sebagaimana foto-foto yang penulis kumpulkan, sarana prasarana tersebut tidak memenuhi standar aksesbilitas yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) Nomor 30 Tahun 2006 Tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesbilitas pada bangunan Gedung dan Lingkungan. Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba belum maksimal dalam penyediaan fasilitas yang aksesbilitas bagi penyandang disabilitas. Hal ini menjadi sebuah keresahan tersendiri bagi para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bulukumba ataupun yang ingin berkunjung di sana, karena masih memiliki keterbatasan akses dalam menikmati keindahan pariwisata Kabupaten Bulukumba, khususnya Wisata Jembatan Kaca Titik Nol Pantai Bira. (2) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan kewenangan oleh pemerintah Daerah dalam Upaya Pembangunan Jalan Bagi Penyandang Disabilitas pada Objek Wisata Jembatan Kaca Titik Nol Pantai Bira Di Kabupaten Bulukumba terdiri atas keterbatasan anggaran dan sarana yang masih kurang memadai. Anggaran untuk pembangunan fasilitas yang askesbilitas bagi penyandang disabilitas belum memiliki kesamaan kesempatan untuk memperoleh layanan pada tempat-tempat wisata dan keindahan alam yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:38
Last Modified: 14 Oct 2022 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item
View Item