HUBUNGAN ANTARA HIGIENE PERORANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN CAMBAYA KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR


LESTARI, YUYUN (2019) HUBUNGAN ANTARA HIGIENE PERORANGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN CAMBAYA KECAMATAN UJUNG TANAH KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_K111115054_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_K111115054(FILEminimizer)..ok.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Diare adalah bertambahnya frekuensi buang air besar sebanyak tiga kali atau lebih perhari dan bentuknya lebih cair dari bentuk normal pada individu. Diare biasanya merupakan gejala infeksi pada saluran usus, yang dapat disebabkan oleh berbagai organisme bakteri, virus, dan parasit. Infeksinya menyebar melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi, atau dari orang ke orang sebagai akibat dari kebersihan yang buruk. Penyakit diare adalah penyakit yang menjadi penyebab utama kematian kedua pada anak usia di bawah lima tahun, dan bertanggung jawab untuk membunuh sekitar 525.000 anak setiap tahun. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan tingginya angka kejadian diare adalah buruknya sanitasi lingkungan dan higiene perorangan yang tidak baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara higiene perorangan dengan kejadian diare pada anak sekolah dasar di Kelurahan Cambaya Kota Makassar.Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah populasi sebesar 498 dan sampel 124. Pengambilan sampel dilakukan dengan caraprobabiliysampling dengan metode Simple Random Sampling kemudian sampel dirandom dengan menggunakan aplikasi Random Number Generator (RNG).
Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan diperoleh hasil nilai t-statistik variabel kebiasaan buang air besar 2.769 (> 1.96) yang berarti ada hubungan antara kebiasaan buang air besar dengan kejadian diare, variabel kebiasaan cuci tangan pakai sabun 1.393 (< 1.96) yang berarti tidak ada hubungan antara kebiasaan cuci tangan pakai sabun dengan kejadian diare, dan kebersihan tangan dan kuku 0.471 (< 1.96) yang berarti tidak ada hubungan antara kebersihan tangan dan kuku dengan kejadian diare.Disarankan kepada pemerintah setempat agar membuat kebijakan terkait pengadaan jamban di masyarakat baik itu jamban umum maupun jamban pribadi agar masyarakat dapat menggunakan jamban yang layak dan sehat sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.
Jumlah Pustaka :36
Kata kunci : Diare, Higiene perorangan, Anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diarrhea, Personal hygiene, Elementary School Children
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:20
Last Modified: 14 Oct 2022 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item
View Item