EVALUASI KINERJA KOMITE KESELAMATAN PASIEN DI RSUD KOTA MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN REALIST EVALUATION


ANNISA, FAIKA (2019) EVALUASI KINERJA KOMITE KESELAMATAN PASIEN DI RSUD KOTA MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN REALIST EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
19_K11115011_Cover1.jpg

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19_K11115011(FILEminimizer)..ok.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Keselamatan pasien merupakan suatu sistem yang mencegah terjadinya atau meminimalkan kemungkinan terjadinya insiden keselamatan pasien (IKP). Pada RSUD Kota Makassar didapatkan sebanyak IKP sejak tahun 2018 sementara standar yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI yaitu nol kejadian. Sehubungan dengan hal tersebut, RSUD Kota Makassar membentuk Komite Manajemen Resiko dan Keselamatan Pasien (KMKP) sesuai dengan Permenkes RI no. 11 tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja komite keselamatan pasien di RSUD Kota Makassar dalam pencapaian angka standar insiden keselamatan pasien.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan realist evaluation. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh informan sebanyak sepuluh orang. Uji validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil analisis kinerja komite keselamatan pasien (KKP) di RSUD Kota Makassar terkait context diketahui bahwa sumber daya manusia yang ada masih kurang terlibat dalam KKP serta blaming culture memberikan pengaruh dalam pelaporan insiden. Terkait mechanism diketahui bahwa monitoring dan evaluasi rutin masih kurang dilakukan serta sosialisasi rutin terkait IKP dan sistem pelaporan masih kurang dilakukan di setiap unit. Pada outcome diketahui implementasi KKP belum efektif dalam pencapaian angka standar IKP di rumah sakit karena dibentuk hanya untuk mendukung akreditasi pada saat itu dan tidak berjalan dengan baik. Peneliti ini menyarankan kepada pihak rumah sakit untuk menyediakan pelatihan terkait IKP dan sosialisasi terkait peran KKP yang perlu dilakukan secara berkala; pihak anggota KKP perlu berperan aktif dan mampu menciptakan no blame culture dengan memberikan bimbingan terkait pelaporan insiden di rumah sakit; serta melakukan monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Patient safety, realist evaluation
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:03
Last Modified: 14 Oct 2022 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item
View Item