PENENTUAN ZONA PEMANFAATAN RUANG UNTUK EKOWISATA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI PESISIR KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS KALIMANTAN BARAT


IKHSAN, MUHAMMAD (2007) PENENTUAN ZONA PEMANFAATAN RUANG UNTUK EKOWISATA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI PESISIR KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS KALIMANTAN BARAT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
MUHAMMAD IKHSAN (L111 02 078).pdf

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Proses penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi Potensi • Sumberdaya Hayati Pesisir Kecamatan Paloh yang meliputi ketersediaan/proporsi BioEkologi, Fisika/Kimia, dan Sosial Ekonomi Masyarakat untuk pengembangan ekowisata berdasarkan estimasi tutupan lahan dalam menentukan zona pemanfaatan ruang peruntukan ekowisata. Namun penentuan zonasi tersebut tidak dapat ditentukan sebelum ada identifikasi kondisi Kelembagaan yang mendukung ketahap pengembangan ekowisata yang kemudian dituangkan dalam bentuk informasi peta yang akan menunjukkan daerah kesesuaian lahan khususnya peruntukan zona pemanfaatan ruang ekowisata.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan zona pemanfaatan ruang peruntukan ekowisata dengan menggunakan Basis Analisis Sistem Informasi Geografis.
Metode dalam penentuan zona pemanfaatan ruang ini meliputi Analisis Kebijakan, Analisis Indentifikasi Ketersediaan/proporsi Sumberdaya, Analisis Kesesuaian Lahan dan Analisis Penzonasian Lahan
Hasil yang diperoleh.menunjukan bahwa arah kebijakan pengembangan ekowisata dapat arahkan ke Pesisir Kecamatan Paloh, Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat sangat mendukung kearah pengembangan ekowisata selama ada penglihatan langsung. Kondisi Sumberdaya menunjukan ketersediaan potensi alam sangat mendukung untuk pengembangan ekowisata. Berdasarkan analisis kesesuaian lahan diperoleh Kecamatan Paloh sangat sesuai untuk pengembangan ekowisata, dan Hasil Penzonasian Lahan diperoleh berdasarkan penentuan kelas sangat sesuai (S1) peruntukan zona pemanfaatan ruang wisata pantai, wisata bahari, dan wisata mangrove.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Ilmu Kelautan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 12 Oct 2022 00:47
Last Modified: 12 Oct 2022 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item
View Item