ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEMEN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA WAGNER-WITHIN, ALGORITMA SILVER MEAL DAN PART PERIOD BALANCE (Studi Kasus: PT Semen Tonasa) = LANNING ANALYSIS OF CEMENT RAW MATERIALS INVENTORY USING WAGNER-WITHIN ALGORITHM, SILVER MEAL ALGORITHM AND PART PERIOD BALANCE (Case Study: PT Semen Tonasa)


Akbar, Muhammad (2021) ANALISIS PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEMEN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA WAGNER-WITHIN, ALGORITMA SILVER MEAL DAN PART PERIOD BALANCE (Studi Kasus: PT Semen Tonasa) = LANNING ANALYSIS OF CEMENT RAW MATERIALS INVENTORY USING WAGNER-WITHIN ALGORITHM, SILVER MEAL ALGORITHM AND PART PERIOD BALANCE (Case Study: PT Semen Tonasa). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22115010_skripsi_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22115010_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22115010_skripsi_dp.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22115010_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Permasalah yang ingin diselesaikan dalam penilitian ini yaitu untuk mengatasi terjadinya stuck out dan over stock pada gudang material. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan safety stock dan reoder point, perencanaan persediaan agar didapatkan kuantitas pemesanan optimal sehingga meminimumkan total biaya persediaan serta membandingkan kinerja dari beberapa metode yang diusulkan dalam penentuan kuantitas pemesanan.
Berdasarkan uraian permasalahan, maka dilakukan perencanaan persediaan menggunakan metode Algoritma Wagner-Within (AWW), Algoritma Silver-Meal (SW) dan Part Period Balance (PPB) dengan mempertimbangkan batasan kapasitas gudang. Langkah awal yang dilakukan ialah peramalan permintaan menggunakan Single Moving Average untuk menentukan kuantitas kebutuhan material, kemudian menentukan safety stock dan reorder point, kuantitas pemesanan optimal berdasarkan metode yang digunakan, dan total biaya persediaan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan diperoleh safety stock dan reorder point untuk material trass sebesar 403,34ton dan 1.357,27ton sedangkan untuk material gypsum sebesar 299,62ton dan 5.303,06ton. Perbandingan total biaya persediaan dari ketiga metode yaitu Metode AWW, SM dan PPB terhadap metode yang digunakan perusahaan (Lot for Lot), diperoleh hasil di mana metode SM dan PPB memberikan penghematan sebesar 0,929% (Rp 269.810.578).

Kata Kunci: Semen, Gypsum, Trass, Persediaan, Peramalan, Algoritma Wagner-Within, Algoritma Silver-Meal, Part Period Balance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cement, gypsum, trass, Inventory control, forecasting, Wagner Within Algorithm, Silver Meal Algorithm, Part Period Balance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:00
Last Modified: 12 Oct 2022 07:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item
View Item