Kondisi Kejiwaan Tokoh dalam Novel Supernova Edisi Petir Karya Dewi Lestari: Pendekatan Psikologi Sastra


Zulfahmi, Zulfahmi (2014) Kondisi Kejiwaan Tokoh dalam Novel Supernova Edisi Petir Karya Dewi Lestari: Pendekatan Psikologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--zulfahmi-7369-1-14-zulfa-i ... ok.pdf

Download (479kB)

Abstract (Abstrak)

ZULFAHMI. Kondisi Kejiwaan Tokoh dalam Novel Supernova Edisi Petir : Pendekatan Psikologi Sastra (dibimbing oleh Yusuf Ismail dan Haryeni Tamin) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi kejiwaan tokoh utama. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Pendekatan psikologi sastra menelaah hal-hal yang menyebabkan munculnya kondisi kejiwaan yang dialami tokoh utama dan faktor yang memengaruhi kondisi kejiwaan yang dialami tokoh utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini lebih mengutamakan proses daripada hasil, karena karya sastra merupakan fenomena yang banyak menimbulkan penafsiran. Hasil penelitian menunjukkan ketangguhan tokoh utama yang disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti tokoh utama dapat mengatasi kondisi kejiwaan yang dialami tokoh utama dengan memenejemenkan pikiran dengan baik. Kondisi kejiwaan yang dialami tokoh utama ini tidak biasa, namun dengan bantuan orang-orang disekitarnya,
tokoh utama mampu mengatasi permasalahan tersebut.
Masalah yang terdapat pada dirinya mampu diatasi karena bantuan dari tokoh bernama Ibu Sati. Selain itu, tokoh utama juga sering berinteraksi dengan tokohtokoh lain pada novel, yakni tokoh Dedi, tokoh Watti, tokoh Mpret dan tokoh Kewoy.
Dalam menghadapi kondisi kejiwaan yang tidak biasa tokoh utama melakukan serangkaian latihan untuk merilekskan otaknya agar ia dapat mengendalikan otak bawah sadar.
Kata kunci : Alam bawah sadar, listrik, petir, novel Supernova Edisi Petir, psikologi sastra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat ujian guna memeroleh gelar Sarjana Sastra pada Fakultas Sastra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:17
Last Modified: 21 Oct 2022 03:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item
View Item