PENGARUH STRUKTUR CARBON REINFORCED ALUMINIUM LAMINATES (CARALL) TERHADAP SIFAT MEKANIK = THE INFLUENCE OF CARBON REINFORCED ALUMINIUM LAMINATES (CARALL) STRUCTURE ON MECHANICAL PROPERTIES


Sarungngu, Alen Sardianto (2021) PENGARUH STRUKTUR CARBON REINFORCED ALUMINIUM LAMINATES (CARALL) TERHADAP SIFAT MEKANIK = THE INFLUENCE OF CARBON REINFORCED ALUMINIUM LAMINATES (CARALL) STRUCTURE ON MECHANICAL PROPERTIES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116520_skripsi cover1.jpg

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116520_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116520_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116520_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu material yang digunakan didalam pembuatan rangka sayap pesawat ultralight ialah komposit. Pada penelitian kali ini menggunakan komposit jenis FML dengan tipe CARALL, dimana aluminium digabung dalam lapisan sandwich dengan carbon fiber. Material yang digunakan yaitu aluminium 1100 dan carbon fiber dengan orientasi 0◦/90◦. Metode yang digunakan adalah vacuum bagging dan kompresi. Didalam metode vacuum bagging digunakan epoxy resin dengan perbandingan 1:1 antara resin dan hardener. Variasi dilakukan pada struktur CARALL yaitu CARALL 1 (Al-CFRP-Al), CARALL 2 (CFRP-Al-CFRP), CARALL 3 (Al-CFRP-Al-CFRP-Al) dan CARALL 4 (CFRP-Al-CFRP-Al-CFRP). Dilakukan tiga pengujian yaitu pengujian tarik, pengujian tekuk dan pengujian impak. Didapatkan hasil pada kekuatan tarik tertinggi pada CARALL 2 karena persentase volume carbon fiber paling besar diantara yang lainnya, pada CARALL 1 didapatkan kekuatan tarik terendah itu dikarenakan persentase volume lebih rendah dari spesimen lainnya. Pada pengujian bending di dapatkan kekuatan bending tertinggi pada CARALL 1 persentase volume aluminium paling besar diantara spesimen lainnya, CARALL 4 didapatkan kekuatan bending terendah karena jumlah lapisan lebih banyak sehingga semakin mudah terjadi delaminasi. Pada pengujian impak didapatkan kekuatan impak tertinggi pada CARALL 4 itu dikarenakan semakin banyak jumlah lapisan dan persentase volume CFRP maka semakin besar kekuatan impak, sebaliknya semakin sedikit jumlah lapisan dan persentase volume CFRP maka semakin sedikit pula kekuatan impak yakni pada CARALL 1.

Keywords : Carbon Reinforced Aluminium Laminates (CARALL), Lapisan, Uji Tarik, Uji Bending, Uji Impak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Carbon Reinforced Aluminium Laminates (CARALL), Layers, Tensile test, Bending test, Impact test
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:59
Last Modified: 12 Oct 2022 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21342

Actions (login required)

View Item
View Item