ANALISIS PENGARUH PENERAPAN DIMPLE KONFIGURASI SEJAJAR DAN BLOWING TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIS PADA MODEL KENDARAAN = ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE IMPLEMENTATION OF HISTORICAL CONFIGURATION DIMPLE AND BLOWING ON AERODYNAMIC OBSTACLES IN VEHICLE MODEL


Berybe, Jonathan Talu (2021) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN DIMPLE KONFIGURASI SEJAJAR DAN BLOWING TERHADAP HAMBATAN AERODINAMIS PADA MODEL KENDARAAN = ANALYSIS OF THE EFFECT OF THE IMPLEMENTATION OF HISTORICAL CONFIGURATION DIMPLE AND BLOWING ON AERODYNAMIC OBSTACLES IN VEHICLE MODEL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116515_skripsi cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116515_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116515_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116515_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

JONATHAN TALU BERYBE, Analisis Pengaruh Penerapan Dimple Konfigurasi Sejajar Dan Blowing Terhadap Hambatan Aerodinamis Pada Model Kendaraan (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, ST., MT dan Dr. Eng. Jalaluddin, ST., MT)
Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian ini membahas tentang pengaruh dimple dengan konfigurasi sejajar dan blowing terhadap pengurangan hambatan aerodinamis pada model kendaraan. Benda uji yang menjadi penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan load cell dan Sub-sonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien Drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien Drag memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16,7m/s, 19,4 m/s dan 22.2 m/s dan menggunakan kontrol pasif dengan dimple konfigurasi 1 baris sejajar dengan rasio masing-masing 0.25 dengan kecepatan blowing 0,5, 1,0, 1,5. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan dimple konfigurasi sejajar dan blowing mampu mengurangi pembentukan olakan. Meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagin belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamis tertinggi sebesar 13,78131% untuk pendekatan komputasi dan 10,843% untuk pendekatan eksperimen.

Kata kunci : CFD, Separasi aliran, Karakteristik aliran, Cp, Cd Kontrol pasif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CFD, flow separation, flow characteristics, Cp, Cd passive kontrol
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:57
Last Modified: 12 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item
View Item