PENYEDERHANAAN SIRKUIT LOGIKA DENGAN METODE QUINE-McCLUSKEY


ARMAN, MUHAJIR (2002) PENYEDERHANAAN SIRKUIT LOGIKA DENGAN METODE QUINE-McCLUSKEY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
MUHAJIR ARMAN (H 111 97 001).pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tulisan ini menguraikan tentang penyederhanaan fungsi Boole dengan berdasarkan metode Quine-McCluskey. Metode ini, yang dikenal sebagai 'metode tabulasi’, bermanfaat pada penyederhanaan fungsi Boole dengan banyak variabel, misalnya lebih dari enam variabel.
Setiap ekspresi Boole bisa dinyatakan dalam bentuk baku yang disebut bentuk jumlah hasilkah. Dalam bentuk baku ini, sembarang ekspresi Boole disajikan melalui matriks Marquand, yang mirip dengan peta Kamaugh.
Sembarang ekspresi Boole bisa dinyatakan oleh beberapa sirkuit logika yang berbeda, tetapi ekuivalen. Dua sirkuit logika dikatakan ekuivalen jika dan hanya jika setiap masukan yang sama pada masing-masing sirkuit, membonkan luaran yang sama.
Metode Quine-McCluskey bertujuan imtuk memperoleh sirkuit logika yang paling sederhana dari suatu ekspresi Boole. Metode ini menyederhanakan ekspresi Boole dalam bentuk jumlah hasilkali. Implikan utama dan jumlah ini kemudian dipenksa untuk melihat apakah beberapa dan implikan utama ini berlebihan, sehingga bisa lebih disederhanakan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:39
Last Modified: 11 Oct 2022 07:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21328

Actions (login required)

View Item
View Item