PRODUKTIVITAS KERJA PENYARADAN DENGAN GEROBAK PADA HUTAN JATI RAKYAT DI DESA AMALI RIATTANG KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN


FEPU, MUH. RAMADHAN (2010) PRODUKTIVITAS KERJA PENYARADAN DENGAN GEROBAK PADA HUTAN JATI RAKYAT DI DESA AMALI RIATTANG KECAMATAN AMALI KABUPATEN BONE PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
MUH. RAMADHAN FEPU (M 111 06 045).pdf

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Ramadhan Fepu (M 111 06 045) Produktivitas Kerja Penyaradan dengan Gerobak pada Hutan Jati Rakyat di Desa Amali Riattang Kecamatan Amali Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, di bawah bimbingan A Mujetahid dan Iswara Gautama
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui waktu total yang dibutuhkan berdasarkan elemen kerja penyaradan, (2) mengetahui produktivitas penyaradan dengan menggunakan gerobak dorong ARTCO, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas penyaradan pada hutan jati rakyat di Desa Amali Riattang Kecamatan Amali Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan/kebijakan yang berkaitan dengan penyaradan kayu pada hutan jati rakyat dengan menggunakan gerobak.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2010 pada hutan jati rakyat di Desa Amali Riattang Kecamatan Amali Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kegiatan penyaradan. Secara garis besar objek yang diamati dalam penelitian ini adalah sistem penyaradan hutan jati rakyat dengan menggunakan gerobak mulai dari persiapan sampai dengan kembali ke petak tebangan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) rata-rata waktu total yang dibutuhkan dalam kegiatan penyaradan dengan gerobak adalah 26,42 menit sedangkan rata-rata waktu total kegiatan penyaradan dengan menggunakan tenaga manusia adalah 43,43 menit, (2) produktivitas penyaradan dengan menggunakan gerobak sebesar 1,3754 mVjam sedangkan produktivitas penyaradan dengan menggunakan tenaga manusia sebesar 0,9963 m’/jam, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya produktivitas penyaradan adalah volume bantalan (sortimen) dan jarak sarad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions (Program Studi): Fakultas Kehutanan > Kehutanan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:36
Last Modified: 11 Oct 2022 07:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item
View Item