ANALISIS PENGARUH RANGKAIAN PHOTOVOLTAIC TERHADAP EFISIENSI PADA MESIN EL EQUIPO DE ENERGÍA SOLAR FOTOVOLTAICA CONTROLADO (EESFC) = ANALYSIS OF THE EFFECT OF CIRCUITS PHOTOVOLTAIC ON EFFICIENCY IN EL EQUIPO DE ENERGÍA SOLAR FOTOVOLTAICA CONTROLADO (EESFC) MACHINE


Arunsae, Lulu Fajriani Pasrah (2021) ANALISIS PENGARUH RANGKAIAN PHOTOVOLTAIC TERHADAP EFISIENSI PADA MESIN EL EQUIPO DE ENERGÍA SOLAR FOTOVOLTAICA CONTROLADO (EESFC) = ANALYSIS OF THE EFFECT OF CIRCUITS PHOTOVOLTAIC ON EFFICIENCY IN EL EQUIPO DE ENERGÍA SOLAR FOTOVOLTAICA CONTROLADO (EESFC) MACHINE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116322_skripsi cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116322_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116322_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116322_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini menggunakan mesin El Equipo de Energía Solar Fotovoltaica Controlado (EESFC) pada panel surya polycrystalline dan monocrystalline secara seri dan paralel, untuk mengetahui karakteristik dan efisiensi yang di hasilkan oleh panel surya tersebut yang dilakukan di laboratorium energi terbarukan Universitas Hasanuddin. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik panel polycrystalline dan monocrystalline secara tunggal yaitu semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima maka semakin besar arus yang dihasilkan tetapi tegangan akan semakin berkurang dikarenakan meningkatnya temperatur. Berdasarkan rangkaiannya, pada rangkaian seri dari kedua panel surya memiliki karakteristik yaitu pada kurva I-V, tegangan yang dihasilkan semakin meningkat tetapi arus yang di hasilkan cenderung tetap sedangkan rangkaian paralel baik panel surya polycrystalline maupun monocrystalline yaitu pada kurva I-V tegangan yang di hasilkan cenderung tetap, arus yang dihasilkan semakin meningkat. Rangkaian seri memiliki intensitas cahaya dan efisiensi yang lebih besar dari pada rangkaian paralel baik itu panel surya polycrystalline maupun monocrystalline. Monocrystalline memiliki efisiensi yang lebih besar dari pada polycrystalline hal ini di karenakan monocrystalline disusun menggunakan kristal utuh sedangkan polycrystalline disusun dari potongan-potongan kristal. Berdasarkan rangkaiannya rangkaian seri menghasilkan efisiensi yang lebih besar dibandingkan dengan rangkaian paralel. Dapat dilihat bahwa pada panel surya polycrystalline seri memiliki peningkatan dari 0,05 % hingga 21,75% sedangkan paralel 3,35% hingga 18,35 %. Sedangkan untuk panel surya monocrystalline seri menghasilkan efisiensi yang meningkat pula dari 0,45 % hingga 25,40% dan monocrystalline paralel menghasilkan efisiensi yang meningkat pula dari 4,92 % hingga 21,15%.

Keywords : Polycrystalline, Monocrystalline, Seri,Paralel, Mesin EESFC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Polycrystalline, Monocrystalline, Seri, Paralel, El Equipo De Energía Solar Fotovoltaica Controlado (EESFC)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:55
Last Modified: 12 Oct 2022 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item
View Item