Pengaruh Penambahan Porous Aluminium Foam Pada Bagian Bawah Pelat Absorber Terhadap Efisiensi Kolektor Surya Pemanas Air = The Effect of Addition of Porous Aluminum Foam to the Bottom of the Absorber Plate on the Efficiency of the Water Heater Solar Collector


Sulaiman, Muh. Farid (2021) Pengaruh Penambahan Porous Aluminium Foam Pada Bagian Bawah Pelat Absorber Terhadap Efisiensi Kolektor Surya Pemanas Air = The Effect of Addition of Porous Aluminum Foam to the Bottom of the Absorber Plate on the Efficiency of the Water Heater Solar Collector. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21116013_skripsi cover1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21116013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21116013_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21116013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian mengenai surya pemanas air untuk meningkatkan efisiensi telah banyak dilakukan salah satunya yaitu modifikasi pelat absorber. Untuk meningkatkan efisiensi termal pada pelat absorber maka perlu dilakukan pemilihan material tembaga dan coating hitam pada permukaannya kemudian ditambahkan Aluminium Foam pada bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan tembaga memiliki konduktivitas termal yang tinggi dan coating hitam untuk meningkatkan proses penyerapan kalor serta Aluminium foam dapat berfungsi sebagai TES (Thermal Energy Storage). Setelah ditambahkan Aluminium Foam kemudian pengambilan data dilakukan di Laboratorium Energi Terbarukan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dengan menggunakan Alat Gunt ET-202, untuk mengetahui efisiensi dari surya pemanas air tersebut dan akan dibandingkan dengan panel standar dengan beberapa variasi laju aliran dan sudut kemiringan yang sama setiap panelnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan efisiensi terjadi secara signifikan pada panel dengan penambahan Aluminium Foam pada bagian bawah pelat absorber untuk sudut kemiringan 0° yaitu 5,15% , untuk sudut 10° yaitu 3,97%,untuk sudut 30° yaitu 5,39% dan untuk sudut 40° yaitu 5,02% dimana dari hasil tersebut didapatkan sudut 40° memiliki efisiensi terbesar dari sudut yang lain yaitu 88,99 %. Selain itu terjadi pengaruh laju aliran terhadap efisiensi termal kolektor dimana laju aliran 8 liter/jam memiliki pengaruh efisiensi terbesar dibandingkan dengan laju aliran 10 dan 12 liter/jam yaitu 83,97% untuk panel kolektor pelat datar dan 88,99% untuk panel foam bawah.

Kata Kunci : Kolektor Surya, Efisiensi, Aluminium Foam, Thermal Energy Storage

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kolektor Surya, Efisiensi, Aluminium Foam, Thermal Energy Storage
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:37
Last Modified: 12 Oct 2022 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item
View Item