KRITIK SOSIAL PADA NOVEL BOTCHAN (坊ちゃん) KARYA NATSUME SOSEKI (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik)


ILMA AMIR, RIZQI AWALIA (2014) KRITIK SOSIAL PADA NOVEL BOTCHAN (坊ちゃん) KARYA NATSUME SOSEKI (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--rizqiawali-7353-1-14-rizqi-4 ... ok.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rizqi Awalia Ilma Amir. Nim F91110004. Judul penelitian Kritik Sosial Pada Novel Botchan Karya Natsume Soseki (Suatu Tinjauan Strukturalisme Genetik). Dibimbing oleh H. Fathu Rahman dan Imelda. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kritik sosial yang terdapat dalam novel Botchan karya Natsume Soseki dan relevansinya dengan keadaan sosial masyarakat di Jepang zaman Meiji (1868-1912). Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme genetik yang dipopulerkan oleh Lucian Goldman. Teori ini memadukan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik karya sastra. Oleh karena itu teori ini digunakan untuk mengkaji novel Botchan dari unsur intrinsik dan ekstrinsik. Data diperoleh dari novel Botchan dan bahan bacaan lainnya yang ada relevansinya dengan tujuan penelitian. Data tersebut dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang keadaan sosial dan sistem pendidikan dalam novel dan relevansinya dalam masyarakat pada zaman Meiji, Jepang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya relevansi antara kritik sosial yang dalam novel Botcahan dengan realitas sosial dan sistem pendidikan masyarakat Jepang pada zaman Meiji. Kritik-kritik sosial berupa kemerosotan moral, penerapan peraturan sekolah yang lemah, dan kekerasan terhadap anak yang digambarkan melalui peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokoh di dalam novel tersebut sebagai dampak dari moderenisasi atau westernisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: 研究した結果、「坊ちゃん」の小説に語る社会評論と明治時代の日本の総括や、社会、教育の様子に関連があることが明らかになった。道徳の悪化や、規則の適用の弱さ、子供に対する暴力などの社会評論は、『坊ちゃん』の小説の中のエピソードに語った。その社会評論は明治時代の政府が実施した「文明開化」の影響である
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:41
Last Modified: 21 Oct 2022 05:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item
View Item