PENGARUH KEMIRINGAN STRUKTUR PLAT SEGITIGA TERHADAP KECEPATAN GESEK DASAR PADA SALURAN TERBUKA = The Effect of the Slope of the Triangular Plate Structure on the Frictional Velocity in an Open Channel


Rombebunga, Yunarto (2021) PENGARUH KEMIRINGAN STRUKTUR PLAT SEGITIGA TERHADAP KECEPATAN GESEK DASAR PADA SALURAN TERBUKA = The Effect of the Slope of the Triangular Plate Structure on the Frictional Velocity in an Open Channel. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Vover]
Preview
Image (Vover)
D012171035_tesis_cover1.jpg

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012171035_tesis_bab 1-2.pdf

Download (13MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012171035_tesis_dp.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012171035_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

YUNARTO ROMBEBUNGA Pengaruh Kemiringan Struktur Plat Segitiga Terhadap Kecepatan Gesek Dasar pada Saluran Terbuka (dibimbing oleh Rita Tahir Lopa dan Bambang Bakri)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemiringan struktur plat segitiga terhadap kecepatan rerata dan kecepatan gesek dasar pada saluran terbuka.

Percobaan dilakukan dengan uji eksperimental di laboratorium dengan menggunakan 3 variasi kecepatan (V), 3 variasi sudut plat yaitu 30° (M1), 45° (M2) dan 60° (M3) dengan kemiringan saluran 0.05%.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kecepatan gesek yang terjadi sebelum melewati plat segitiga akan membesar dan sesaat setelah melewati plat segitiga menjadi kecil seiring bertambah besarnya kemiringan plat segitiga dan konstantan integrasi (C) dan perubahan kecepatan aliran semakin meningkat. Namun trend kecepatan gesek yang ditunjukan untuk setiap model akan terlihat semakin menurun pada saat menjauhi plat segitiga dan hal ini mengindikasikan kecepatan gesek (u*) akan mengalami kondisi rezim aliran yang baru. Selain itu secara kuantitatif terkonfirmasi bahwa dengan adanya struktur plat segitiga maka kecepatan yang terjadi sebelum melewati struktur akan mengalami penurunan seiring bertambah besarnya kemiringan struktur. Setelah melewati struktur, kecepatan aliran akan meningkat dan terjadi intensitas turbulen disepanjang saluran.

Kata kunci: struktur plat segitiga, kecepatan gesek, konstanta integrasi, angka frode

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: triangular plate structure, frictional speed, integration constant, frode number
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:19
Last Modified: 12 Oct 2022 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item
View Item