PERMODELAN PILIHAN MASYARAKAT TERHADAP MODA TRANSPORTASI ANTAR REGIONAL DI KAWASAN MAMMINASATA = PUBLIC CHOICE MODELLING ON INTER-REGIONAL TRANSPORTATION MODES IN MAMMINASATA REGIONS


FAKHRUDDIN, FAKHRUDDIN (2012) PERMODELAN PILIHAN MASYARAKAT TERHADAP MODA TRANSPORTASI ANTAR REGIONAL DI KAWASAN MAMMINASATA = PUBLIC CHOICE MODELLING ON INTER-REGIONAL TRANSPORTATION MODES IN MAMMINASATA REGIONS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--fakhruddin-7398-1-12-fakhr-2 ... ok.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

FIRMAN. Permodelan Pilihan Masyarakat Terhadap Moda Transportasi Antar Regional di Kawasan Mamminasata (dibimbing oleh Shirly Wunas dan Tahir Kasnawi).
Penelitian ini bertujuan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap moda transportasi antar regional dan membuat permodelan pilihan moda masyarakat berdasarkan faktor-faktor tersebut.
Penelitian dilakukan di wilayah Mamminasata yang tersebar di dua belas kecamatan. Data diperoleh kuesioner terhadap 400 responden yang melakukan perjalanan komuter antarregional. Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan moda dinilai dari; pendapatan, usia, tujuan perjalanan, dan kepemilikan kendaraan pribadi. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan tabel dan grafik hasil data kuesioner. Permodelan diperoleh dengan metode regresi logistik biner untuk tiga moda transportasi yang diujikan; moda angkutan kota (petepete), kijang-panther, dan kendaraan pribadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi pendapatan masyarakat, robabilitas penggunaan angkutan kota akan semakin menurun dan penggunaan moda travel pendek akan meningkat.
Kelompok masyarakat usia sekolah cenderung menggunakan moda angkutan kota, sebaliknya kelompok masyarakat usia dewasa dan orang tua cenderung menggunakan moda travel pendek dan kendaraan pribadi.
Berdasarkan model yang terbentuk dapat diketahui bahwa factor kepemilikan kendaraan pribadi menjadi penentu utama masyarakat untuk memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding menggunakan angkutan kota atau travel pendek untuk aktivitas transportasi antar regional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Teknik Transportasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Oct 2022 00:57
Last Modified: 24 Oct 2022 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item
View Item