Pemanfatan Limbah Carsul PT. Vale Indonesia, Tbk Sebagai Koagulan Untuk Menurunkan Konsentrasi Chrome Hexavalent Dalam Air Limbah Industri Nikel = Carsul Waste Utilization PT. Vale Indonesia, Tbk As Coagulant To Reduce Hexavalent Chrome Concentration In Nickel Industrial Wastewater


Ikmal, Muhammad Muzammil (2021) Pemanfatan Limbah Carsul PT. Vale Indonesia, Tbk Sebagai Koagulan Untuk Menurunkan Konsentrasi Chrome Hexavalent Dalam Air Limbah Industri Nikel = Carsul Waste Utilization PT. Vale Indonesia, Tbk As Coagulant To Reduce Hexavalent Chrome Concentration In Nickel Industrial Wastewater. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12116504_skripsi_cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D12116504_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D12116504_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D12116504_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD MUZAMMIL IKMAL. Pemanfaatan limbah Carsul PT. Vale Indonesia, Tbk sebagai koagulan untuk menurunkan konsentrasi Chrome Hexavalent dalam air limbah industri nikel (dibimbing oleh Mary Selintung dan Roslinda Ibrahim).
Pertambangan merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Pertambangan nikel di Sorowako yang saat dipegang oleh PT. Vale Indonesia, Tbk, Salah satu limbah yang dihasilkan pada kegiatan penambangan bijih nikel berupa Carsul yang berasal dari sulphur melter yang merupakan sumber mineral yang dapat diolah kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kandungan Chrome Hexavalent dalam air limbah hasil produksi tambang nikel PT. Vale Indonesia, Tbk. dan menganalisis pengaruh massa koagulan (Carsul) serta lama waktu pengadukan terhadap efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent dalam air limbah tambang nikep PT. Vale Indonesia. Tbk. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan kandungan air limbah hasil produksi PT. Vale Indonesia, Tbk 0,2 ppm, adapun massa koagulan yang paling efektif adalah 5gram dengan rata-rata efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent sebesar 98,5%, dan lama waktu pengadukan optimum adalah 20 detik dengan rata-rata efisiensi penyisihan Chrome Hexavalent sebesar 97,2%. Berdasarkan nilai penyisihan kadar Chrome Hexavalent oleh Carsul sebagai koagulan cukup memberikan pengaruh positif dan cukup efektif.

Keywords : Tambang, Air Limbah, Koagulan, Carsul, Chrome Hexavalent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mining, Wastewater, Coagulant, Carsul, Chrome Hexavalent
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:52
Last Modified: 12 Oct 2022 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item
View Item