Studi Geopolymer Fly Ash - Serbuk Kayu Sebagai Material Dinding Peredam Suhu Panas = Study of Fly Ash Geoplymer - Sawdust as a Heat Reduction Wall Material


Iswara, Muh.ichwanul Iman (2021) Studi Geopolymer Fly Ash - Serbuk Kayu Sebagai Material Dinding Peredam Suhu Panas = Study of Fly Ash Geoplymer - Sawdust as a Heat Reduction Wall Material. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12116312_skripsi_cover1.jpg

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D12116312_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D12116312_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D12116312_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
MUH. ICHWANUL IMAN I. Studi Geopolimer Fly Ash – Serbuk Kayu Sebagai Material Dinding Peredam Suhu Panas (dibimbing oleh Ibrahim Djamaluddin dan M. Akbar Caronge).
Semen Portland menjadi material yang sangat penting dan banyak digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur. Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang semakin hari semakin meningkat mengakibatkan produksi semen yang meningkat pula. Penggunaan bahan bangunan tanpa kendali akan merusak lingkungan dan berkontribusi terhadap pemanasan global, dimana merupakan suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan di bumi, Dengan perkembangan teknologi dibidang rekayasa material yang semakin pesat, makaa para ahli melakukan upaya untuk menanggulangi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan bahan limbah sebagai bahan alternatif lain yang dapat menggantikan atau mengurangi posisi semen. Penelitian ini menggunakan material fly ash, serbuk kayu dan larutan alkali aktivator (NaOH dan Na2SiO3). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran serbuk kayu dengan limbah fly ash terhadap thermal performance (kemampuan meredam suhu panas) sebagai material dinding. Metodologi yang digunakan bersifat eksperimental yang dilakukan di laboratorium dengan variasi penambahan serbuk kayu, yaitu 0%, 5%, 10% dan 15%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa substitusi serbuk kayu pada benda uji dapat meredam suhu panas. Dari 4 (empat) variasi benda uji yang diteliti, yang paling baik mereduksi panas adalah variasi 10%, dimana subtitusi 10% serbuk kayu menunjukkan selisih suhu yang tinggi jika dibandingkan dengan benda uji normal (0% serbuk kayu).

Kata Kunci : Geopolimer, Fly Ash, Serbuk Kayu, Thermal Performance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geopolymer, Fly Ash, Wood Powder, Thermal Performance
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:51
Last Modified: 12 Oct 2022 05:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21031

Actions (login required)

View Item
View Item