KAJIAN POTENSI ENERGI ANGIN DI PERAIRAN BARAT DAN SELATAN PULAU SULAWESI


Syerly Klara, Abd Latief Had, Baharuddin & M. Uswah Pawara (2022) KAJIAN POTENSI ENERGI ANGIN DI PERAIRAN BARAT DAN SELATAN PULAU SULAWESI. Prosiding 2013.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
KAJIAN POTENSI ENERGI ANGIN.pdf

Download (923kB)

Abstract (Abstrak)

Umumnya telah diketahui bahwa Indonesia mempunyai cadangan energi terbarukan yang besar bersumber dari matahari, angin, air, biomassa, dan lain-lain. Namun sumber daya yang ada ini belum dieksplorasi dan digunakan secara efektif dan maksimal. Salah satu sumber daya yang hampir belum digunakan sama sekali di Indonesia adalah energi angin terutama energi angin di laut. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang luas sehingga potensi energi angin di wilayah perairan Indonesia juga melimpah. Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk mengkaji densitas energi angin di wilayah-wilayah perairan Indonesia untuk dapat menentukan lokasi terbaik dalam memperoleh energi angin secara maksimal. Pada penelitian ini, data kecepatan angin yang diperlukan untuk penentuan densitas angin diperoleh dari stasiun meteorologi Paotere, Makassar. Stasiun meteorologi tersebut mengukur dan mengumpulkan data dari 11 wilayah perairan di bagian barat dan selatan Pulau Sulawesi. Dalam analisis, distribusi Weibull dan Rayleigh digunakan untuk menghitung probability density function (PDF) and cumulative distribution function (CDF). Namun demikian, untuk mendapatkan fungsi-fungsi distribusi tersebut, faktor bentuk (k) dan faktor skala (c) dari distribusi Weibull dan Rayleigh harus ditentukan sebelumnya. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini, dapat dikatakan bahwa wilayah perairan barat dan selatan pulau Sulawesi memiliki densitas energi angin yang memadai untuk dapat di eksplorasi dan dimanfaatkan lebih lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: distribusi Weibull, regresi linier, probability density function, cumulative distribution function, densitas energi angin
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:33
Last Modified: 06 Oct 2022 07:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item
View Item