ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KECUKUPAN MODAL, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA)


SARTIKA, DEWI (2012) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KECUKUPAN MODAL, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN LIKUIDITAS TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--dewisartik-7359-1-12-dewi-1 ... ok.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel ukuran perusahaan (LnSIZE), kecukupan modal (MODAL), kualitas aktiva produktif (KAP), dan likuiditas (LIQ) terhadap Return On Assets (ROA).
Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode purposive sampling merupakan metode pengambilan sampel yang didasakan pada kriteria tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tiga bank umum syariah periode 2006-2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan bank. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 19.0 dengan metode Ordinary Least Square (OLS).
Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, sedangkan kecukupan modal dan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, kualitas aktiva produktif berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dan likuiditas juga berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Dari hasil perhitungan statistik diketahui bahwa variabel ukuran perusahaan memberikan pengaruh terbesar terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial Performance, Bank Size, Capital Adequacy, Quality of productive assets and Liquidity
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:50
Last Modified: 21 Oct 2022 05:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item
View Item