ANALISA EFEKTIFITAS SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA RUANG PENUMPANG KAPAL FERRY NEW CAMELIA


Baharuddin, Syerly Klara & Hendro (2022) ANALISA EFEKTIFITAS SISTEM PENGKONDISIAN UDARA PADA RUANG PENUMPANG KAPAL FERRY NEW CAMELIA. PROSIDING 2011.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
Analisa Efektifitas Sistem Pengkondisian Udara Pada Ruang Penumpang Kapal Ferry New Camelia PROSIDING 2.B.pdf

Download (302kB)

Abstract (Abstrak)

Kapal adalah alat transportasi lintas perairan dimana dalam pengoperasiannya menuntut kebutuhan akan kenyamanan, untuk kapal penumpang kebutuhan akan kenyamanan diantaranya kenyamanan suhu dalam ruangan, untuk itu perlu untuk merencanakan sebuah sistem pengkondisian udara yang akan digunakan pada sebuah kapal. Ferry RO-RO New Camelia yang saat ini sedang beroperasi di perairan Indonesia yaitu di rute Pelabuhan Siwa Kab.Wajo - Pelabuhan Tobaku Kolaka Utara adalah kapal yang dibangun di Jepang dengan aturan klas NKK dan diperuntukkan untuk beroperasi di Jepang. Sistem pengaturan udara pada kapal ini di rancang dengan rencana pelayaran pada perairan wilayah negara Jepang yang suhunya lebih dingin daripada wilayah Indonesia, melihat kenyataan tersebut terjadi kelebihan penggunaan daya yang mengakibatkan suhu dalam ruangan penumpang terlalu dingin. sebaliknya jika jumlah penumpang melebihi kapasitas maka suhu ruangan menjadi lebih panas. Dari beberapa hal di atas sehingga penulis mengangkat topik ini. Dengan mengetahui kondisi ruang penumpang dan jumlah penumpang, maka beban ventilasi dapat diketahui sehingga kapasitas sistem pengkondisian udara juga dapat diketahui. Sedangkan untuk mengetahui nilai efektifitas komponen pada sistem tersebut diperlukan data-data fisik pada komponen yang dianalisa (evaporator dan kondensor). Dari besar kapasitas pendingin yang dihasilkan diatas, untuk mengatasi beban ventilasi yang terjadi pada ruang penumpang KMP New Camelia dibutuhkan sebuah system pengkondian udara dengan daya sebesar = 58700,43 Kkal/jam = 91,5497 Hp.Beban kalor yang terjadi
Untuk jumlah penumpang 50 orang beban total yang terjadi adalah 58754,031 watt sedangkan beban untuk jumlah penumpang 100 orang, beban total yang terjadi adalah 61880,755 watt. Sehingga dapat di analisa bahwa untuk penambahan setiap 50 orang penumpang maka beban akan bertambah sebesar 3126,72 watt. Pada analisis komponen sistem pengkondisian udara yaitu kondensor dan evaporator nilai efektivitas untuk kondensor adalah 89,91% sedangkan nilai efektivitas untuk Evaporator adalah 87,75%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: KAPAL FERRY NEW CAMELIA
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:07
Last Modified: 06 Oct 2022 07:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item
View Item