Uji Kemampuan Bakteri Lactobacillus Spp. dalam menghambat pertumbuhan bakteri patogen air E-coli dan Salmonella Spp. secara In-Vitro = The Ability Test of bacteria Lactobacillus Spp. in inhibiting the growth of water pathogenic bacteria E-coli and Salmonella Spp. In-Vitro


Hasmila, Hasmila (2021) Uji Kemampuan Bakteri Lactobacillus Spp. dalam menghambat pertumbuhan bakteri patogen air E-coli dan Salmonella Spp. secara In-Vitro = The Ability Test of bacteria Lactobacillus Spp. in inhibiting the growth of water pathogenic bacteria E-coli and Salmonella Spp. In-Vitro. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12116012_skripsi_cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D12116012_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D12116012_skripsi_dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D12116012_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Bakteri asam laktat (BAL) memiliki senyawa bakteriosin yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, salah satunya terdapat pada Lactobacillus spp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kemampuan bakteri Lactobacillus spp menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Salmonella spp serta mengetahui pengaruh pH terhadap daya hambat BAL. Tahap awal penelitian dilakukan untuk mengetahui karakteristik bakteri uji dengan beberapa pengujian antara lain uji morfologi, fisiologi dan biokimia. Tahapan selanjutnya untuk mengetahui kemampuan penghambatan BAL dengan cara uji antagonis secara in-vitro. Karakteristik bakteri Lactobacillus spp berdasarkan hasil mengujian yaitu gram positif, katalase negatif, bulat, melengkung, utuh, putih susu, nonmotil dan non spora. Karakteristik bakteri Escherichia coli yaitu dengan ciri-ciri gram negatif, bulat, cembung, tepi halus (utuh), motil, aerobik dan anaerobik fakultatif sedangkan bakteri Salmonella spp. dengan ciri-ciri gram negatif, bulat, kecil, tidak berwarna, motil. Dari uji daya hambat yang dilakukan menunjukan adanya antibakteri yang dihasilkan dari bakteri Lactobacillus spp dan daya hambat yang dihasilkan tergolong sedang. pH optimum untuk menghasilkan bakteriosin pada penelitian ini yaitu pada pH 7.

Kata kunci : antibakteri, BAL, patogen, uji in-vitro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibacterial, LAB, Pathogens, In-vitro test
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:01
Last Modified: 12 Oct 2022 06:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item
View Item