FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI KOMPUTER DI LINGKUNGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN


ARIFUDDIN, AZWITA (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI KOMPUTER DI LINGKUNGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HASANUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--azwitaarif-7354-1-12-azwit-4 ... ok.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Azwita Arifuddin, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Komputer Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Prof,. Dr. Otto Randa Payangan. SE,.M.Si dan Haeriah Hakim, SE,.M.Mktg ).

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui adanya pengaruh faktor pemasaran perusahaan, budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian komputer laptop maupun notebook oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. (2) Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian komputer laptop maupun notebook oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar dengan mengambil 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin sebagai responden. Model penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar dan beberapa kajian pustaka serta informasi-informasi yang lain.Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas, Uji F (Uji Serempak), Uji t (Uji Parsial), Analisis Regresi Linier Berganda, dan R-Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kebudayaan (X1),sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk komputer laptop maupun notebook dengan variabel pribadi yang paling dominan mempengaruhi. Keeratan hubungan tersebut ditunjukkan oleh korelasi yang tinggi sedangkan besarnya kontribusi yang diberikan, ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 0,722 berarti bahwa seluruh variabel bebas yaitu kebudayaan, sosial,pribadi, dan psikologi mempunyai kontribusi sebesar 72% terhadap keputusan pembelian produk komputer laptop maupun notebook oleh mahasiswa fakultas ekonomi universitas hasanuddin makassar sebagai konsumen dan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Factors Influencing Consumer Buying Behavior Computer Environment Faculty of Economics, University of Hasanuddin student (supervised by Prof,. Dr. Otto Randa Payangan. SE,. M.Si and Haeriah Hakim, SE,. M.Mktg).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:10
Last Modified: 24 Oct 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20967

Actions (login required)

View Item
View Item