PELAKSANAAN ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP


SUDARMIN, AZWAR (2012) PELAKSANAAN ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT. SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
--azwarsudar-7352-1-12-azwar-8 ... ok.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui anggaran biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan PT. Semen Tonasa Pangkep, Untuk menganalisis pelaksanaan anggaran fleksibel sebagai alat pengendalian biaya produksi pada PT. Semen Tonasa Pangkep.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan membandingkan anggaran statis dan fleksibel serta melakukan perhitungan anggaran dan realisasi biaya produksi.
Berdasarkan hasil analisis bahwa dalam menyusun anggaran biaya produksi khususnya pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep dengan menggunakan anggaran statis didasari pada tingkat aktivitas 3.915.157 ton tetapi yang terjadi (realisasi) sebesar 3.868.704 ton. Hal ini dianggap tidak menguntungkan karena realisasi tidak sesuai dengan target, hal ini disebabkan karena adanya keterlambatan teknis, kerusakan mesin, pembahasan suplai bahan baku, sehingga mempengaruhi total biaya produksi.
Dari hasil analisis varians biaya produksi dalam penyusunan anggaran biaya bahan baku langsung, yang menunjukkan bahwa penerapan anggaran belum dilakukan secara efisien, hal ini disebabkan karena kurang tepatnya pengendalian biaya bahan baku langsung khususnya pada PT. Semen Tonasa. Kemudian untuk variansi anggaran biaya tenaga kerja langsung terdapat selisih yang unfavorabel, hal ini disebabkan karena tidak efektifnya pelaksanaan anggaran biaya tenaga kerja langsung sebagai alat pengendalian.Dan disamping itu varians biaya overhead pabrik terdapat selisih yang unfavorabel karena adanya selisih antara anggaran dengan realisasi biaya overhead pabrik.

Kata Kunci : Anggaran Fleksibel dan Pengendalian Biaya Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flexible Budget and Production Costs Control
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:52
Last Modified: 21 Oct 2022 05:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item
View Item