STUDI KELAYAKAN DAUR ULANG SAMPAH DI TPA TAMANGAPA MENJADI MATERIAL RDF (REFUSE DERIVED FUEL) = FEASIBILITY STUDY ON RECYCLING AT TPA TAMANGAPA INTO RDF (REFUSE DERIVED FUEL) MATERIAL


Nurhaliza, Nurhaliza (2021) STUDI KELAYAKAN DAUR ULANG SAMPAH DI TPA TAMANGAPA MENJADI MATERIAL RDF (REFUSE DERIVED FUEL) = FEASIBILITY STUDY ON RECYCLING AT TPA TAMANGAPA INTO RDF (REFUSE DERIVED FUEL) MATERIAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12116002_skripsi_cover1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D12116002_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D12116002_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D12116002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NURHALIZA. Studi Kelayakan Daur Ulang Sampah di TPA Tamangapa Menjadi Material RDF (Refuse Derived Fuel) (dibimbing oleh Irwan Ridwan Rahim dan Asiyanthi T. Lando).
Jumlah timbulan sampah yang ada di TPA Tamangapa hingga saat ihi mencapai 700 – 1000 ton/hari. Sistem penanganan sampah kota yang ada sekarang masih mengandalkan pada Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) sebagai tempat pembuangan sampah, mulai dari tingkat rumah tangga hingga kecamatan.
Masalah persampahan ini juga mengancam kota Makassar sebagai salah satu kota yang tergolong besar di Kawasan Timur Indonesia. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah Refuse Derived Fuel. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian Refuse Derived Fuel (RDF) di Kota Makassar dengan menggunakan sampel di TPA Tamangapa.
Penelitian ini adalah jenis kuantitatif karena data yang diperoleh berupa angka dan metode studi literatur dengan menggunakan sumber dari laporan yang terkait dengan penelitian. Penelitian dilakukan di TPS 3R Fakultas Teknik Unhas Gowa dengan mencacah sampah yang yang ada sesuai dengan komponen sampah yang dikumpulkan. Sampel 1 menggunakan komposisi RDF pada Jurnal Mesin Teknologi, sampel 2 menggunakan komposisi sampah TPA Tamangapa yang berasal dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan kota Makassar tahun 2014.
Dari hasil penelitian, semakin lama pengeringan maka semakin besar nilai kalor dan nilai kadar air semakin rendah. Pada kadar abu, terjadi anomali saat pengambilan data menggunakan alat yang tidak sesuai dengan standar pengujian kadar abu sehingga menghasilkan hubungan kadar abu dengan variasi penjemuran yang tidak sesuai. Dan sampel 1 dan sampel 2 dengan melihat standar RDF yang digunakan pada PT Semen Indonesia telah memenuhi standar RDF. Namun untuk kadar air dapat memenuhi standar RDF apabila telah melalui proses pengeringan selama 4 hari.

Kata kunci: Sampah, Refuse Derived Fuel, Specimen, Nilai Kalor, Kadar Air, Kadar Abu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Garbage, Refuse Derived Fuel, Specimens, Calorific Value, Moisture Content, Ash Content
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:42
Last Modified: 12 Oct 2022 05:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20930

Actions (login required)

View Item
View Item