FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PADA PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASANGKAYU


Saldi, Try (2022) FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PADA PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN ADMINISTRASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASANGKAYU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012181011_tesis_04-08-2022 cover1.png

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012181011_tesis_04-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012181011_tesis_04-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012181011_tesis_04-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

TRY SALDI. Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada pengawasan Penyelenggaraan pelayanan Admnistrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten pasangkayu di Bimbing oleh Andi Pangeran Moenta dan Marwati Riza
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: (1). Bagaimanakah fungsi DPRD Pada pengawasan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan dan pencacatan sipil Kabupaten Pasangkayu serta (2). Faktor- faktor yang menajdi hambatan DPRD Pada pengawasan penyelenggaraan pelayanan admnistrasi kependudukan dan pencacatan sipil kabupaten pasangkayu.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sosio legal,yaitu selain mengakji hukum secara teoritik dan normatif , juga mengkaji hukum dalam pelaksanaannya di masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yaitu berdialog langsung dengan respondent, pengamatan langsung terhadap situasi dan kondisi di lokasi penelitian serta kajian pustaka yaitu dengan mengumpulkan dan menelaah bahan pustaka berupa buku-buku, dokumen, jurnal hukum, peraturan perundang-undangan dan sumber lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengawasan yang di lakukan oleh DPRD kabupaten pasangkayu belum optimal dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sehingga masyrakat kurang yakin terhadap pemerintah daerah yang melakukan penyelenggaraan pelayanan publik terkhususnya di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pasangkayu. (2) dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pasangkayu terdapat hambatan dan kendala seperti masyrakat masih banyak mendapatkan calo, letak geografis daerah yang sangat terpencil, banyaknya syarat tambahan administrasi kependudukan dan masih minimnya sarana dan prasarana pendukung pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, selain itu di temukan juga kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan dan pencacatan sipil. Sehingga pemerintaha daerah dan DPRD Kabupaten pasangkayu diminta lebih optimal dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masing- masing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:39
Last Modified: 12 Oct 2022 05:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item
View Item