Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih Menggunakan Evaporator dari Akrilik = Processing Seawater Into Clean Water Using an Acrylic Evaporator


Taher, Rizkiyanto M. (2021) Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih Menggunakan Evaporator dari Akrilik = Processing Seawater Into Clean Water Using an Acrylic Evaporator. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D12114026_skripsi_cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D12114026_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D12114026_skripsi_dp.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D12114026_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK RIZKIYANTO M. TAHER. Pengolahan Air Laut Menjadi Air Bersih Menggunakan Evaporator dari Akrilik (dibimbing Oleh Achmad Zubair dan Nur-Annisa Putry Mangerangi). Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi hidup dan kehidupan seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Seiring bertambahnya jumlah penduduk maka kebutuhan air bersih juga akan bertambah.. Salah satu proses pengolahan air laut menjadi air bersih disebut proses desalinasi air laut. Dimana desalinasi ini salah satunya memanfaatkan energi surya untuk membantu proses pengolahan air laut menjadi air bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuantitas (volume) serta kualitas air bersih yang dihasilkan dari alat destilasi air laut menggunakan evaporator akrilik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan akrilik sebagai media penyerap pada alat destilasi air laut dengan luas permukaan alat 1,26 m² , dengan memasukkan air laut sebanyak 5 liter. Pengambilan data suhu, indeks ultraviolet, kelembaban serta volume air hasil pengolahan dilakukan setiap 1 jam selama 7 jam dalam 1 hari. Air hasil pengolahan kemudian diuji kualitasnya pada laboratorium. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh evaporator akrilik terhadap kuantitas air mampu menghasilkan rata-rata air bersih sebanyak 327,21 ml/hari/m² selama 7 jam yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain suhu, indeks ultraviolet, kelembaban, bentuk evaporator, ketebalan air laut serta luas bidang evaporator sementara pengaruh evaporator akrilik terhadap kualitas air telah memenuhi persyaratan air bersih sesuai dengan Permenkes No. 32 tahun 2017 dengan nilai rata-rata pH (7,5), salinitas (0,2 ‰), TDS (89,3 mg/l), dan kekeruhan (2,3 NTU).

Keywords : Destilasi, Evaporator, Akrilik, Air Bersih, Volume, Kualitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distillation, Evaporator, Acrylic, Clean Water, Volume, Quality
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:37
Last Modified: 12 Oct 2022 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item
View Item