PENGARUH JARAK DAN KONSTRUKSI SUMUR GALI TERHADAP KUALITAS KIMIA AIR DI SEKITAR TPA KABUPATEN POLEWALI


Waris, Abdul (2009) PENGARUH JARAK DAN KONSTRUKSI SUMUR GALI TERHADAP KUALITAS KIMIA AIR DI SEKITAR TPA KABUPATEN POLEWALI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
--abdulwaris-7378-1-abdulwa-i ... ok.pdf

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ABDUL WARIS, Pengaruh Jarak dan Konstruksi Sumur Gali terhadap Kualitas Kimia Air di Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir Kabupaten Polewali Mandar (dibimbing oleh Hasanuddin Ishak dan Burhanuddin Bahar).
Penelitian ini bertujuan menganalisis jarak tempat pemrosesan akhir sampah dan konstruksi sumur gali terhadap kadar Nitrat (NO3 -), Nitrit (NO2-), dan Sulfat (SO4
=), serta faktor jarak pencemar lainnya (Saluran Pembuangan Air Lilmbah, Septik Tank, dan limbah ternak).
Desain penelitian adalah cross sectional study sampel diambil secara purposif. Jumlah sampel sebanyak 22 sumur gali berdasarkan kriteria yang digunakan sebagai sarana air minum/memasak, dan mandi cuci kakus. Jarak sumur dari tempat pemrosesan akhir terjauh dalam radius 500 meter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 6 (27,3%) dari 22 sumur gali yang tidak memenuhi syarat jarak dari tempat pemrosesan akhir sampah kurang dari 100 meter, dan 83,3% kadar Nitrat (NO3 -) tidak memenuhi syarat Uji statistik menunjukkan ahwa kadar Nitrat (NO3 -), dan Nitrit (NO2 -), ada hubungan yang bermakna kecuali Sulfat (SO4 =). Dari 22 sumur gali ada 15 (68,2%) sumur gali yang tidak memenuhi syarat konstruksi sumur gali, dan terdapat 40% kualitas kimia air sumur gali parameter Nitrat (NO3 -) tidak memenuhi syarat. Uji tatistik menunjukkan bahwa parameter Nitrit (NO2 -), dan Sulfat (SO4 =) yang ada hubungan secara bermakna kecuali nitrat (NO3 -). Jarak saluran pembuangan air limbah, septik tank, dan limbah ternak di atas 10 meter tidak ada hubungan yang bermakna dengan kualitas kimia air sumur gali parameter Nitrat (NO3 -), Nitrit(NO2 -), dan Sulfat (SO4 =).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 24 Oct 2022 00:59
Last Modified: 24 Oct 2022 00:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item
View Item