ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KABUPATEN GOWA MENGGUNAKAN APLIKASI VISUM = ANALYSIS OF TRAFFIC PERFORMANCE ON ROAD NETWORKS IN GOWA REGENCY USING VISUM APPLICATION


Kurniawan S., Muh Agung (2021) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KABUPATEN GOWA MENGGUNAKAN APLIKASI VISUM = ANALYSIS OF TRAFFIC PERFORMANCE ON ROAD NETWORKS IN GOWA REGENCY USING VISUM APPLICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171550_skripsi_cover1.jpg

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171550_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171550_skripsi_dp.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171550_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kab Gowa sebagai wilayah simpul yang telah ditetapkan sebagai salah satu bagian perencanaan kota Metropolitan, kota terpadu Mamminasata, sehingga Kabupaten Gowa memiliki peranan sebagai sub pusat pengembangan Kota Makassar. Meningatnya pergerakan lalu lintas, memunculkan masalah transportasi termasuk antrian kendaraan di beberapa ruas jalan yang ada di kota Sungguminasa. Pada beberapa ruas jalan Kabupaten Gowa berpotensi mengalami kemacetan dikarenakan moda transportasi yang melintas di jalan tersebut sudah melebihi kapasitas jalan tersebut. Disisi lain distribusi penyebaran moda transportasi di setiap ruas jalan tidak merata, yang meyebabkan terjadinya overload pada beberapa ruas jalan di Kabupaten Gowa khususnya Kecamatan Somba Opu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi estimasi volume dan menganalisis kinerja lalu lintas pada jaringan jalan berbasis distribusi asal-tujuan perjalanan dengan menggunakan pendekatan Eqilibrium pada piranti lunak PTV Visum serta memprediksi estimasi volume lalu lintas beserta kinerja lalu lintas pada jaringan jalan pada masa yang akan datang dengan menggunakan model distribusi asal-tujuan perjalanan.
Hasil distribusi model akan dikalibrasi dan validasi berdasar pada volume lalu lintas kendaraan eksisting. Hasil estimasi volume lalu lintas akan digunakan untuk menganalisis kinerja jaringan jalan dan memprediksi serta menganalisis kinerja jaringan jalan pada masa yang akan datang.
Berdasarkan hasil trip assignment menggunakan aplikasi PTV Visum, diperoleh hasil kalibrasi dan validasi membutuhkan 2 kali perhitungan kalibrasi dan validasi. Kinerja ruas jaringan jalan kondisi eksisting menunjukkan klasifikasi tingkat pelayanan “B” yang berarti arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas. Masih terdapat beberapa ruas jaringan jalan dengan klasifikasi tingkat pelayanan “A” dan “C”. Dengan faktor pertumbuhan kendaraan Kabupaten Gowa sebesar 6% per tahun, predisksi dan kinerja lalu lintas pada jaringan jalan pada masa yang akan datang terdapat beberapa ruas jaringan jalan yang mengalami perubahan klasifikasi tingkat pelayanan menjadi “D” dan “E”.

Keywords : Jaringan Jalan, Trip Assigment, Kabupaten Gowa, PTV Visum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Road Network, Trip Assigment, Gowa Regency, PTV Visum
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:27
Last Modified: 12 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/20886

Actions (login required)

View Item
View Item